Apa itu Bridesmaid dan Groomsmen? Para Bestie Wajib Tau!

5/5 - (78 votes)

Anda mungkin pernah mendapatkan paket berisi kain ataupun setelan yang dikirimkan oleh sahabat untuk dipakai saat acara pernikahan sahabat tersebut, tapi itu bukan kado pernikahan ya. Selamat! Anda telah resmi disebut dengan bridesmaid dan groomsmen. Namun sebenarnya, apa itu Bridesmaid dan Groomsmen?

Bridesmaid dan Groomsmen bisa diartikan sebagai beberapa pasang orang terdekat yang menjadi pengiring atau pendamping pengantin saat acara pernikahan.

Lalu, apakah tugas mereka hanya mendampingi pengantin saja? Anda bisa menyimak penjelasan tentang Bridesmaid dan Groomsmen yang lebih lengkap berikut ini.

Apa itu Bridesmaid dan Groomsmen?

Saat menghadiri acara pernikahan akhir-akhir ini, Anda pasti bisa dengan gampang menemui beberapa pasang orang menggunakan gaun dan setelan yang sama mendampingi para pengantin. Mereka biasa disebut dengan Bridesmaid dan Groomsmen.

Bridesmaid adalah beberapa orang wanita yang menjadi pendamping pengantin wanita. Bridesmaid ini biasanya ada saudara, sahabat, dan orang-orang terdekat pengantin wanita yang nantinya bertugas membantu persiapan pernikahan hingga hari-h.

Mirip dengan bridesmaid, groomsmen adalah beberapa orang pria terdekat yang menjadi pendamping pengantin pria. Jumlah serta tugas groomsmen dan bridesmaid kurang lebih sama karena memang sengaja dipasangkan selama pernikahan.

Selain jumlah dan tugasnya, pakaian yang dikenakan oleh bridesmaid dan groomsmen biasanya juga senada. Biasanya, bridesmaid menggunakan gaun dengan warna yang sama tetapi memiliki model yang berbeda. Groomsmen biasanya menggunakan setelan jas yang senada pula dengan gaun bridesmaid.

Sejarah Bridesmaid dan Groomsmen

Apa itu Bridesmaid dan groomsmen? Dilihat dari sebutannya, Anda bisa dengan jelas menduga bahwa bridesmaid dan groomsmen tidak berasal dari budaya Indonesia. Ada dua sumber terkenal mengenai asal usul bridesmaid dan groomsmen.

Pertama, berasal dari cerita terkenal Jacob in The Bible. Dalam cerita ini, Jacob memiliki dua istri yang bernama Leah dan Rachel. Dalam upacara pernikahannya, mereka berdua diantar oleh dua pelayan mereka sendiri. Hal inilah yang memunculkan istilah bridesmaid yang berarti pelayan pengantin.

Pada masa itu, bridesmaid memang dipilih dari para pelayan yang mengurus pekerjaan domestik di rumah yang dinilai cukup dekat dengan pengantin. Mereka juga bertugas untuk mengurus seluruh persiapan pernikahan hingga hari-h pernikahan.

Kedua, berasal dari masa kerajaan Romawi Kuno. Pada masa itu, disebutkan bahwa ada 10 orang saksi yang harus hadir dalam pernikahan sebagai penghulu sebelum pengantin sebenarnya hadir. 10 orang ini terdiri dari laki-laki dan perempuan yang kemudian disebut dengan bridesmaid dan groomsmen.

Tugas mereka pada saat ini cukup berat. Bahkan, sampai mengorbankan nyawa. Bridesmaid dan groomsmen harus menggunakan pakaian yang mirip dengan pengantin untuk menghalau roh jahat yang dipercaya akan muncul saat pernikahan terjadi.

Selain bertugas untuk menghalau roh jahat, bridesmaid dan groomsmen juga bertugas untuk melindungi pengantin dari gangguan orang yang berniat jahat. Pada masa itu, pengantin wanita lah yang harus menuju ke tempat pengantin pria untuk membawa berbagai harta benda yang berharga.

Harta benda ini biasanya berupa mas kawin, perabotan rumah tangga, dan barang berharga lain yang bisa menjadi target perampokan dari bandit. Bridesmaid di sini dijadikan semacam umpan atau pengecoh agar membuat para perampok tidak mengetahui atau menyakiti pengantin yang asli.

Perbedaan Bridesmaid dan Pagar Ayu

Akhir-akhir ini, banyak yang menyamakan antara bridesmaid dan pagar ayu. Kedua hal ini memiliki banyak kesamaan tapi memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Perbedaan pertama adalah dari asalnya. Bridesmaid adalah pengiring pengantin yang berasal dari budaya luar Indonesia yang diadaptasi dalam pernikahan dengan konsep modern. Sedangkan pagar ayu merupakan beberapa perempuan muda yang membantu acara pernikahan budaya Jawa.

Perbedaan kedua adalah tugasnya. Bridesmaid memiliki tugas yang lebih banyak dan kompleks daripada pagar ayu. Bridesmaid bertugas membantu pengantin sejak persiapan pernikahan sampai acara berlangsung.

Sedangkan pagar ayu bertugas hanya pada saat acara pesta pernikahan dan berorientasi pada acara. Mereka bertugas membantu acara seperti mengarahkan tamu ke tempat duduk atau memberikan souvenir pernikahan untuk tamu.

Apa Saja Tugas Bridesmaid dan Groomsmen?

Setelah mengetahui apa itu bridesmaid dan groomsmen, saatnya untuk tau tugas mereka, Secara umum, bridesmaid dan groomsmen bertugas untuk membantu seluruh acara pernikahan. Mulai dari persiapan pernikahan hingga pada acara pernikahan berlangsung.

Namun, ada beberapa tugas khusus yang harus mereka lakukan.

Tugas Bridesmaid

Berikut ini adalah tugas Bridesmaid:

Pertama, membantu persiapan pernikahan. Tugas pertama yang diemban oleh bridesmaid adalah membantu persiapan pernikahan. Bridesmaid bisa menemani pengantin untuk bertemu dengan vendor-vendor pernikahan.

Bahkan, bridesmaid terkadang diberikan tanggung jawab untuk mengurus salah satu vendor pernikahan. Misalnya, salah seorang bridesmaid ditugaskan untuk khusus mengurus souvenir saja.

Kedua, mempersiapkan bridal shower. Bridal shower adalah peringatan berakhirnya masa lajang yang biasa dirayakan oleh calon pengantin dan para bridesmaid. Bridesmaid bertugas merencanakan dan menjadi tuan rumah acara ini.

Ketiga, membantu pengantin saat acara pernikahan. Bridesmaid harus selalu membantu pengantin selama acara pernikahan. Misalnya, membawakan beberapa barang-barang penting seperti tisu, handphone, dan kipas kecil. Bridesmaid juga harus memastikan pengantin merasa nyaman, memastikan bahwa pengantin sudah makan, dan menyampaikan keinginan pengantin kepada pihak WO atau keluarga apabila ada yang dirasa tidak sesuai.

Terakhir, membantu menjaga kestabilan mental pengantin. Bridesmaid sebisa mungkin menjadi orang yang menjaga kestabilan mental pengantin seperti selalu mendengarkan curhatan dan menjadi penengah apabila ada konflik terjadi.

Tugas Groomsmen

Berikut adalah tugas Groomsmen:

Pertama, membantu persiapan pernikahan. Sama seperti bridesmaid, groomsmen juga harus membantu persiapan pernikahan. Mereka harus menghadiri seluruh prosesi persiapan pernikahan seperti fitting baju dan pertemuan dengan vendor pernikahan.

Kedua, merencanakan acara pernikahan dengan detail. Dibandingkan dengan bridesmaid, groomsmen memiliki tugas yang lebih teknis. Mereka lebih memperhatikan jalannya acara pernikahan.

Oleh karena itu, mereka lebih memperhatikan detail alur pernikahan dan banyak berhubungan dengan pihak WO, dibandingkan dengan pihak vendor.

Terakhir, membantu para tamu saat acara pernikahan. Pada saat pernikahan berlangsung, tugas groomsmen lebih memusatkan perhatian ke para tamu daripada pengantin. Mereka harus memastikan para tamu nyaman saat acara berlangsung.

Mereka biasanya bertugas mengantarkan tamu ke tempat duduk yang sudah disediakan, beramah tamah, dan berusaha menyiapkan segala kebutuhan tamu selama acara berlangsung.

Tugas terakhir yang banyak dilakukan oleh bridesmaid dan groomsmen adalah berpartisipasi dalam games atau memeriahkan acara pernikahan. Biasanya, pernikahan memiliki acara hiburan untuk para tamu, bridesmaid dan groomsmen adalah orang-orang yang wajib berpartisipasi di dalamnya.

Kesimpulan

Sayangnya, tugas bridesmaid dan groomsmen ini tidak banyak dilakukan pada saat ini. Kebanyakan dari mereka hanya datang pada saat acara pernikahan berlangsung dan berfoto dengan menggunakan seragam yang sama yang diberikan calon pengantin sejak berminggu-minggu sebelumnya.

Walaupun begitu, para bridesmaid dan groomsmen setidaknya menunjukkan kehadiran dan kebersamaan mereka dengan pengantin saat acara berlangsung. Mulai dari awal, hingga saat after party dan bermain games bersama. Kini, Anda sudah paham tentang apa itu bridesmaid dan groomsmen, kan?

Referensi:

  • https://www.popbela.com/relationship/married/bernadette-celine/arti-serta-tugas-bridesmaid-dan-groomsmen
  • https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-6417740/10-daftar-tugas-bridesmaid-dan-groomsman-yang-perlu-dipahami
  • https://katadata.co.id/intan/lifestyle/639881d01b80a/mengenal-bridesmaid-dan-groomsmen-apa-saja-tugasnya
  • https://www.sonora.id/read/423794960/9-tugas-bridesmaid-dan-groomsmen-yang-perlu-diketahui
  • https://www.hipwee.com/wedding/sejarah-bridesmaid/
  • https://www.weddingku.com/blog/asal-usul-bridesmaid-dalam-pernikahan
Bagikan artikel: