Biaya Nikah Adat Minang yang Perlu Dipersiapkan

5/5 - (56 votes)

Pernikahan termasuk salah satu tujuan hidup bagi kebanyakan pasangan yang ada di seluruh dunia. Apalagi di Indonesia, selain pernikahan adat aceh banyak sekali adat pernikahan yang sering digunakan calon pengantin, seperti adat Minang. Tahukah Anda berapa perkiraan biaya nikah adat Minang yang perlu dipersiapkan?

Selain pernikahan dengan adat Jawa, prosesi pernikahan adat Minang juga tergolong mendominasi. Hal ini karena, masyarakat dari Minang tersebar luas di seluruh Indonesia. Oleh sebab itulah, Anda mungkin pernah melihat prosesi pernikahan dengan adat Minang di luar kawasan Sumatera Barat.

Prosesi dan Kisaran Biaya Nikah Adat Minang

Sekedar informasi, masyarakat Minang adalah salah satu etnis yang memiliki populasi terbanyak di Indonesia. Tidak mengherankan jika tradisi Minang termasuk ke dalam acara pernikahan yang terkenal luas oleh masyarakat. Banyak selebriti yang juga merayakan pesta pernikahan dengan adat Minang.

Pernikahan dengan adat Minang erat kaitannya dengan dekorasi yang meriah dan sunting cantik untuk dipakai mempelai wanita. Umumnya perayaan dengan tema emas membuat suasana semakin meriah, terutama dalam pesta pernikahan.

Tak heran banyak orang menyebut adat Minang termasuk ke dalam salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia. Taksiran biaya yang harus calon pengantin keluarkan mencapai Rp 150 juta. Biaya sebesar itu digunakan untuk prosesi pernikahan dengan rincian di bawah ini:

Maresek

Dalam pernikahan adat Minang, maresek adalah penjajakan pertama sebagai awal dari serangkaian tata cara pelaksanaan perkawinan. Nantinya pihak keluarga perempuan yang mendatangi pihak keluarga pria, sesuai dengan sistem kekerabatan matrilineal.

Pada umumnya pihak keluarga yang datang membawa buah tangan berupa buah-buahan atau kue. Oleh sebab itu, biaya yang harus calon pengantin keluarga berkisar ratusan ribu sampai Rp 3 juta sesuai buah tangannya.

Batimbang Tando

Apabila calon mempelai pria menerima pinangan calon mempelai wanita, maka prosesi berlanjut ke batimbang tando atau bertukar tanda. Pihak keluarga calon mempelai wanita datang membawa sirih pinang lengkap yang tersusun dalam carno atau kampia untuk dicicipi keluarga calon mempelai pria.

Selain itu, calon mempelai wanita juga bisa membawa kain adat, cincin, keris atau lainnya. Oleh sebab itu, calon pengantin harus mengeluarkan biaya untuk mempersiapkan benda yang menjadi pengikat dengan kisaran Rp 800 ribu sampai Rp 2 jutaan, tergantung barangnya.

Prosesi Adat Sebelum Akad Nikah

Biaya nikah adat Minang juga mencakup beberapa prosesi adat sebelum akad nikah secara hukum dan agama. Prosesi tersebut di antaranya Mahanta Siriah, Babako Babaki, Malam Bainai, Manjapuik Marapulai, dan Penyambutan di Rumah Anak Daro.

Dalam prosesi tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar untuk sirih, lauk pauk, kue, buah-buahan, dan nasi kuning singgang ayam. Bahkan ada juga iringan musik tradisional khas Minangkabau yang bisa menelan biaya sampai puluhan juta rupiah.

Akad Nikah

Sebagian besar orang Minang beragama islam, oleh sebab itu prosesi akad pernikahan juga menerapkan syariat islam. Prosesi akad nikah dalam adat Minang mencakup pembacaan ayat Al Quran, ijab kabul, nasihat pernikahan, dan doa bersama.

Jika Anda memilih menikah di KUA saat hari kerja yakni Senin sampai Jum’at, maka tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Tetapi jika ingin mengundang penghulu ke rumah atau lokasi pesta pernikahan, maka perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 600 ribu.

Biaya untuk WO

Dalam prosesi pernikahan adat nikah Minang, calon pengantin juga perlu mengeluarkan biaya untuk penyelenggara pernikahan atau WO. Pasalnya pihak Wedding Organizer menjadi pilihan tepat bagi calon pengantin yang sibuk namun tetap ingin menggelar pernikahan adat Minang.

Pihak WO nantinya menawarkan layanan mulai dari bangunan, konsep, dekorasi, sampai katering yang dapat menyesuaikan adat Minang. Estimasi biaya WO beragam mulai dari Rp 8 juta hingga puluhan juta rupiah yang biasanya menyesuaikan dekorasi ataupun adat yang calon pengantin pilih.

Gedung Pernikahan

Karena pernikahan adat Minang lengkap dengan prosesi yang panjang, banyak calon pengantin memilih menggelar pernikahannya di gedung resepsi. Adapun estimasi biaya yang akan calon pengantin keluarkan tidak murah, mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 30 juta.

Di gedung pernikahan, banyak acara adat Minang yang dilakukan setelah akad. Acara tersebut mulai dari memulangkan tando, balantuang kaniang, malewakan gala marapulai, balmain coki, mangaruak nasi kuniang, dan tari payung.

Dekorasi dan Katering

Selain mempersiapkan biaya untuk seserahan adat Minang, calon pengantin juga perlu persiapkan dana untuk catering dan dekorasi. Mengingat biaya catering pernikahan apalagi jika menggunakan prosesi adat Minang tidaklah murah.

Kalau calon pengantin ingin menyediakan catering prasmanan dengan bermacam pilihan menu, juga perlu merogoh kocek lebih dalam lagi. Sebagai gambaran, estimasi catering murah mulai dari Rp 25 juta untuk 500 tamu. Sedangkan untuk anggaran dekorasi sekitar Rp 10 juta.

Mencetak Undangan dan Souvenir

Dalam prosesi pernikahan adat Minang, pembuatan undangan dan souvenir juga perlu Anda perhatikan. Jika ingin menyelenggarakan pernikahan adat Minang, Anda pun bisa menyesuaikan desain undangan serta dekorasi bertema adat Minang supaya lebih unik dan estetik. Contohnya seperti undangan pernikahan online yang ada di invi ini, terdapat tema undangan adat minang.

Sebagai informasi, biaya mencetak undangan dan souvenir tidaklah murah. Untuk biaya mencetak undangan 500 tamu misalnya, dananya sebesar Rp 2,5 juta. Sementara itu untuk biaya souvenir biasanya sekitar Rp 2 juta sampai Rp 4 juta sesuai jenis souvenirnya. Anda juga bisa melihat artikel sebelumnya yang membahas ide souvenir murah sebagaireferensi.

Gaun dan Makeup

Gaun pengantin dan makeup juga menjadi hal yang penting dalam persiapan biaya nikah adat Minang. Jika Anda ingin menggelar prosesi pernikahan adat Minang, maka perlu memilih jasa makeup dan gaun yang sesuai dengan adat tersebut.

Estimasi biaya untuk layanan penyewaan gaun dan makeup pengantin sekitar Rp 8 juta. Namun biasanya biayanya berbeda-beda sesuai jenis makeup dan gaya busana yang calon pengantin gunakan. Kalau ingin memakai layanan MUA profesional, biayanya biasanya lebih mahal.

Dokumentasi Video dan Foto

Jasa dokumentasi pernikahan meliputi video dan foto juga termasuk biaya prosesi nikah adat Minang yang harus calon pengantin keluarkan. Banyak sekali paket yang bisa Anda pilih, mulai dari paket lengkap prewedding sampai prosesi pernikahannya.

Tak ada salahnya Anda membandingkan harganya untuk mendapatkan layanan fotografer dan videografer unggulan. Estimasi biayanya untuk dokumentasi dalam paket standar biasanya mulai dari Rp 8 juta. Harganya bisa lebih mahal kalau Anda memakai layanan dengan konsep unik.

Prosesi Adat Minang Setelah Akad

Susunan acara pernikahan adat Minang tak hanya sampai disitu. Sebab ada juga rangkaian acara penutup yang perlu calon pengantin lakukan sesudah akad. Nama acara tersebut adalah manikam sajak yang juga membutuhkan biaya tersendiri.

Pasalnya pasangan pengantin baru nantinya bertandang ke rumah orang tua serta ninik mamak seraya membawa buah tangan. Biaya untuk buah tangannya berbeda-beda sesuai buah tangan yang dibawa. Ini merupakan simbol penghormatan pengantin kepada keluarga besar.

Kesimpulan

Foto: bridestory

Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa perkiraan biaya nikah adat Minang cukup bervariasi dan bisa mencapai jumlah yang signifikan. Rentang biaya yang perlu dipersiapkan oleh calon pengantin untuk menyelenggarakan pernikahan adat Minang adalah sebagai berikut:

JenisKisaran Harga
MaresekRp 500 ribu sampai Rp 3 juta
Batimbang TandoRp 800 ribu sampai Rp 2 juta
Akad NikahMulai dari Rp 600 ribu
Wedding OrganizerMulai dari Rp 8 juta
Gedung PernikahanRp 5 juta sampai 30 juta
Dekorasi dan KateringKatering mulai dari Rp 25 juta, dekorasi sekitar Rp 10 juta
Undangan dan SouvenirRp 2 juta sampai 4 juta
Gaun dan MakeupRp 8 juta
Dokumentasi Foto dan VideoRp 8 juta
Kisaran Harga Pernikahan Adat Minang

Total keseluruhan biaya tersebut akan menjadi kisaran biaya yang cukup besar. Namun, karena beberapa komponen memiliki rentang biaya yang cukup luas dan beberapa komponen tergantung pada preferensi masing-masing calon pengantin, sulit untuk memberikan total pasti. Tetapi jika kita mengasumsikan rentang minimum dari setiap komponen, total biaya bisa berkisar antara puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Itulah pembahasan seputar perkiraan biaya nikah adat Minang yang perlu calon pengantin persiapkan sekarang juga. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mempersiapkan dananya sekarang juga demi mewujudkan pernikahan adat Minang impian.

Bagikan artikel: