8 Tips Menghemat Biaya Pernikahan, Jangan Turuti Gengsi!

5/5 - (5 votes)

Pernikahan adalah momen sakral bagi pasangan yang hendak mengubah statusnya menjadi pasangan suami istri. Banyak persiapan pernikahan yang perlu dipersiapkan sebelum pernikahan digelar. Tentunya dana yang Anda perlukan juga tidak sedikit. Maka dari itu, ikuti tips menghemat biaya pernikahan berikut.

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa biaya pernikahan rata-rata mahal bahkan ada yang mencapai hingga ratusan juta atau lebih. Jika budget milik Anda tidak terlalu besar, sebaiknya menggelar pernikahan yang sederhana saja.

Tips Menghemat Biaya Pernikahan yang Perlu Anda Ketahui

Pernikahan adalah awal mula bagi seorang pasangan menuju kehidupan rumah tangga yang baru dan melepas status kelajangan mereka. Untuk mengesahkan status tersebut, pernikahan tidak perlu harus selalu mewah.

Daripada berhutang uang banyak untuk menggelar pernikahan yang mewah dan berujung harus membayarnya kembali secara berkala setelah menikah, lebih baik Anda menghemat biaya pernikahan seminimal mungkin asalkan tetap pantas dan berjalan dengan lancar.

Karena kebutuhan setelah menikah juga banyak sehingga lebih baik uang yang ada dialokasikan untuk kehidupan setelah menikah nantinya. Jika Anda memaksakan diri untuk menggelar pernikahan mewah yang tidak sesuai kemampuan finansial, tentunya akan memberatkan diri Anda sendiri.

Terdapat beberapa kisah pasangan yang menikah dengan menggelar pesta mewah sampai ratusan juta akan tetapi belum mempunyai rumah, kendaraan, hingga dana darurat. Oleh karena itu, berikut ini ada tips menghemat biaya pernikahan supaya Anda bisa menyimpan uang untuk kepentingan lebih penting.

Memilih Souvenir yang Terjangkau

Biasanya, di acara-acara pernikahan terdapat souvenir yang diserahkan kepada tamu saat masuk atau keluar. Ada banyak sekali jenis souvenir yang bisa Anda pakai seperti dompet, gelas, gantungan kunci, alat memasak, dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih souvenir dengan harga terjangkau untuk meminimalisir pengeluaran. Selain itu, Anda juga dapat membatasi pemberian souvenir maksimal satu untuk satu undangan.

Menggunakan Undangan Digital

Tips menghemat biaya pernikahan yang ke dua yaitu dengan menggunakan undangan digital. Di era teknologi yang semakin canggih ini, tidak apa-apa bagi Anda untuk menyebar undangan dalam bentuk digital. Menggunakan undangan pernikahan digital membuat Anda tidak perlu lagi mencetak undangan dalam bentuk kertas atau kartu sehingga uang menjadi lebih hemat.

Undangan digital bisa Anda sebar melalui media sosial seperti WhatsApp, Line, Telegram, dan lain sebagainya. Biaya pernikahan bisa lebih hemat dengan memakai undangan online ini karena pembuatan undangan online cukup terjangkau bahkan ada sebagian yang gratis.

Namun, bukan berarti Anda tidak perlu tidak mencetak sama sekali undangan kertas. Beberapa kerabat keluarga bisa diberi undangan dalam bentuk fisik. Sedangkan untuk teman-teman dekat Anda bisa menerima undangan digital melalui pesan.

Membatasi Jumlah Tamu

Solusi biaya pernikahan yang tidak terlalu besar adalah dengan membatasi jumlah tamu yang datang. Jumlah tamu yang terbatas itu nantinya akan menghemat biaya souvenir hingga prasmanan. Undang tamu pernikahan Anda untuk orang-orang terdekat seperti teman dan kerabat keluarga.

Terkadang, mengundang terlalu banyak orang yang tidak Anda kenal dekat secara pribadi membuat Anda merasa asing di pesta pernikahan sendiri. Justru, momen pernikahan akan menjadi lebih berkesan dan khidmat ketika tamunya adalah orang-orang yang terdekat bagi Anda.

Dekorasi Pernikahan Minimalis

Saat menggelar pernikahan, penentuan bagaimana dekorasi juga berpengaruh besar pada budget Anda nantinya. Usahakan untuk memilih dekorasi pernikahan yang minimalis tetapi tetap terkesan elegan dan cantik.

Tidak perlu menggunakan dekorasi pernikahan yang mewah sehingga menghabiskan banyak dana di sana. Tips resepsi pernikahan yang hemat adalah dengan menyewa jasa vendor yang menawarkan harga terjangkau untuk mendekorasi pelaminan Anda dengan indah.

Menikah pada Hari Kerja

Jika biasanya orang-orang menggelar pernikahan saat akhir pekan antara hari Sabtu atau Minggu, Anda bisa memilih tanggal pernikahan pada saat hari kerja yaitu Senin sampai Jumat. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari menikah pada hari kerja.

Umumnya, biaya sewa gedung atau biaya katering pada hari kerja akan lebih murah jika dibandingkan dengan akhir pekan. Hal ini bisa jadi tips menghemat biaya pernikahan bagi Anda yang ingin menggelar pernikahan di gedung tetapi dengan budget yang lebih ramah di kantong.

Selain itu, kamu juga bisa memilih waktu sore hari untuk menggelar pernikahan. Mengapa demikian? Karena pada saat itu, sebagian tamu undangan mungkin sudah makan siang sehingga Anda bisa menyiapkan masakan katering yang tidak terlalu memberatkan tetapi bisa membuat kenyang.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan jika ingin menikah pada hari kerja. Biasanya, pada hari-hari itu bisa jadi tamu undangan masih bekerja dan harus menyesuaikan jadwal. Lebih baik, Anda mendiskusikannya kembali dengan pasangan terkait hari pernikahan.

Menggelar Pernikahan di Rumah

Anda pastinya sudah tidak asing lagi menjumpai orang-orang yang menggelar pernikahan di depan halaman rumah atau lingkungan tempat tinggal sekitarnya. Menggelar pernikahan dengan memanfaatkan lahan depan rumah yang tersisa akan banyak menghemat pengeluaran.

Anda tidak perlu menyewa gedung dan biayanya bisa dialokasikan ke hal lainnya. Meskipun terkesan seperti nikah low budget, namun menikah di rumah lebih fleksibel karena Anda dapat menyesuaikan jadwal sesuka hati berbeda seperti menikah di gedung yang terdapat estimasi waktu.

Selain itu, menikah di rumah juga terasa lebih hangat dan dekat. Karena Anda familiar dengan tempat tersebut yang mengandung cerita bermakna sejak kecil hingga Anda dewasa.

Menggunakan Warna yang Sama untuk Seragam Keluarga

Sesi foto keluarga adalah sesi yang paling dinanti karena nantinya akan menjadi kenang-kenangan yang indah dalam album. Umumnya, foto keluarga menggunakan seragam pakaian dengan tema warna yang senada agar hasil fotonya menjadi lebih bagus dan enak dilihat.

Akan tetapi, apabila harus membeli bahan kain dan menjahitkan baju seragam keluarga tentunya membutuhkan biaya yang besar. Oleh karenanya, tips menghemat biaya pernikahan Anda bisa mengakali pemilihan warna pakaian untuk seragam keluarga dengan tema yang sama atau senada.

Jadi, meskipun baju setiap orang bisa jadi memiliki motif dan bahan berbeda, asal warnanya masih senada dan seragam hasil foto akan tetap bagus dilihat.

Merias Sendiri

Anda mempunyai kemampuan merias yang tidak kalah cantik dengan Penata Rias? Kalau begitu, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan kemampuan berdandan tersebut pada saat pernikahan tiba. Tips menghemat biaya pernikahan ini Anda bisa merias diri Anda sendiri sesuai dengan selera gaya make up.

Apalagi, menggunakan riasan sendiri akan membuat pernikahan terasa lebih berkesan sebab berasal dari jerih payah usaha Anda. Anda juga akan mendapatkan pengalaman merias diri saat pernikahan yang berbeda dari pernikahan lainnya.

Kesimpulan

Bermewah-mewahan dalam menggelar pernikahan terkadang tidak baik apalagi jika tidak sesuai kemampuan finansial. Nantinya, akan banyak biaya yang dibebankan di belakang yang justru memberatkan pasangan muda yang baru ingin memulai rumah tangga baru.

Tips menghemat biaya pernikahan ini sebenarnya bisa dilakukan dengan memangkas pengeluaran yang kurang penting dan mendahulukan prioritas. Daripada meninggikan gengsi yang berujung pemborosan, sebaiknya Anda menggelar pernikahan sederhana akan tetapi tetap berkesan di hati.

Bagikan artikel: