9 Tips LDR Langgeng Sampai Nikah, Hubungan Dijamin Awet!

5/5 - (77 votes)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tips menjaga keharmonisan rumah tangga, sekarang bahas untuk yang belum menikah. Bagi Anda yang sedang menjalani hubungan jarak jauh atau lebih populer disebut dengan LDR yang merupakan singkatan Long Distance Relationship. Ada tips LDR langgeng sampai nikah yang mungkin bisa Anda ikuti agar hubungan Anda semakin awet.

Perlu diakui, tantangan hubungan jarak jauh lebih banyak dan lebih berat. Ini karena terbatasnya waktu untuk bertemu dan hubungan sebagian besar hanya bisa dilakukan secara virtual. Namun, bukan berarti hubungan yang terpisah jarak ini tidak bisa berhasil.

Tips LDR Langgeng Sampai Nikah

Banyak orang yang skeptis bahwa hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship bisa bertahan lama. Apalagi, bisa sampai ke jenjang pernikahan yang serius. Karena jarak yang berjauhan, kurangnya kehadiran pasangan secara fisik.

Membuat tantangan untuk setia dan mempertahankan hubungan menjadi lebih sulit. Namun, tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan cinta terutama jika Anda mengelola perasaan dengan baik selama menjalani hubungan jarak jauh.

Agar hubungan Anda dengan pasangan tetap awet walaupun terpisah jarak yang sangat jauh. Berikut ada beberapa tips dari invi yang bisa Anda lakukan untuk menjaga hubungan asmara Anda tetap langgeng sampai ke jenjang pernikahan:

Komitmen yang Kuat

Sebenarnya tidak hanya pada hubungan jarak jauh, pada setiap hubungan asmara komitmen sangat dibutuhkan. Namun, perlu diakui pada hubungan yang terpisah oleh jarak komitmen yang dibutuhkan akan jauh lebih besar dan perlu lebih kuat lagi.

Situasi jarak yang jauh dan jarangnya pertemuan serta kencan harus dipahami oleh kedua pihak dan dibentuk kesepakatan bersama. Hal ini sebagai bentuk kesadaran situasi atas hubungan asmara yang dijalani, menjadi dasar komitmen hubungan yang kuat.

Lebih Terbuka pada Pasangan

Tips LDR langgeng sampai nikah yang kedua adalah menjadi lebih terbuka pada pasangan. Tidak hanya sekedar terbuka, namun juga selalu berkata jujur. Untuk Anda yang mungkin baru memulai hubungan jarak jauh, terbuka pada pasangan sepenuhnya mungkin adalah hal yang sulit.

Anda bisa mulai dengan selalu menceritakan aktivitas harian Anda pada pasangan. Begitu juga, pasangan Anda pada Anda. Kemudian, menceritakan jika ada satu hal terjadi dan tidak merahasiakan lingkar sosial atau pertemanan dengan lawan jenis.

Berangsur-angsur, Anda bisa lebih terbuka pada hal-hal yang bersifat sensitif dan mendalam mengenai diri Anda. Tidak hanya sekedar agar hubungan jarak jauh awet, tips ini bisa membuat Anda dan pasangan mengenal lebih dalam satu sama lain.

Komunikasi Wajib Setiap Hari

Pasangan LDR pasti sulit sering bertemu karena kendala jarak, karena itu komunikasi adalah kunci penting dalam hubungan jarak jauh. Sesibuk apapun aktivitas sehari-hari, sempatkan untuk mengirim setidaknya satu pesan dan melakukan satu panggilan dengan pasangan.

Walaupun waktu luang untuk melakukan komunikasi hanya bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Lebih baik untuk menghubungi pasangan untuk sekedar mengucapkan selamat malam daripada langsung tidur.

Jangan biarkan diri Anda atau pasangan tidak saling mengabari lebih dari satu hari. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun dengan jarak yang ada. Tidak berkomunikasi sehari saja bisa menimbulkan kesan cuek dan tidak peduli. Hal ini berpotensi menimbulkan kesalahpahaman.

Bermain Game Berdua

Bagi pasangan yang suka bermain game, tips LDR langgeng sampai nikah satu ini pasti akan sangat efektif. Saat ini sudah banyak game yang bisa dimainkan banyak orang secara online. Bahkan, ada banyak game yang didesain agar bisa dimainkan bersama pasangan.

Bermain game berdua secara online di waktu senggang bisa menjadi sarana menghabiskan waktu bagi pasangan jarak jauh. Walaupun komunikasi masih dilakukan secara online dan tidak bertemu langsung. Namun, ada variasi interaksi di dalam game membuat hubungan tidak membosankan.

Jika Anda tidak terbiasa bermain game, tidak ada salahnya untuk belajar bersama pasangan. Mulailah dengan game-game yang sederhana terlebih dahulu.

Nonton Film Bersama

Nonton film dan ke bioskop sudah menjadi kencan standar bagi kebanyakan pasangan di Indonesia. Berkat perkembangan teknologi, Anda tidak harus bertemu langsung dengan pasangan untuk menonton film bersama.

Anda bisa menggunakan layanan streaming atau berbagai aplikasi yang menyediakan layanan berbagi layar. Jadi, Anda dan pasangan bisa menonton film bersama melalui panggilan video. Sudah banyak aplikasi bahkan website gratis yang menyediakan layanan ini.

Walaupun, memang nonton film bersama secara online ini tidak bisa dibandingkan dengan nonton film bersama secara langsung. Namun, bisa menjadi alternatif kencan online sebagai pelipur rindu.

Membuat Playlist Lagu dan Mendengarkannya Bersama

Komunikasi Wajib Setiap Hari

Tips LDR langgeng sampai nikah berikutnya terkesan simpel namun bisa jadi aktivitas romantis bagi pasangan LDR. Yaitu, dengan membuat playlist lagu dan mendengarkannya bersama dengan pasangan secara online.

Sekarang sudah banyak pilihan aplikasi streaming musik dengan fitur membuat playlist lagu sendiri. Anda dan pasangan bisa membuat playlist dan memasukkan lagu-lagu kesukaan masing-masing. Kemudian, gunakan fitur untuk mendengarkan bersama untuk mendengarkan lagu dalam playlist.

Lagu-lagu yang dipilih juga bisa menjadi ungkapan hati Anda kepada pasangan. Jadi, pastikan memilih lagu yang bisa membangkitkan suasana romantis ketika mendengarkan bersama dengan pasangan. Atau bisa juga membuat list lagu pernikahan yang romantis.

Jadwalkan Pertemuan Rutin

Walaupun tidak bisa sering bertemu, namun dalam hubungan tetap penting untuk bertemu secara langsung. Karena itu, Anda dan pasangan perlu menjadwalkan pertemuan walaupun sangat jarang. Setidaknya, buat jadwal pertemuan secara rutin minimal satu kali sebulan.

Jika sudah ditetapkan, jangan sampai jadwal tersebut dilewati apalagi sampai tidak dilakukan. Seintens apapun komunikasi yang dilakukan selama hubungan LDR. Obat rindu yang paling mujarab tetaplah bertemu.

Sekalipun, pertemuan tersebut hanyalah pertemuan yang singkat. Jangan lupa, jadwalkan dulu aktivitas kencan yang ingin dilakukan saat bertemu. Jadi, Anda dan pasangan tidak kebingungan lagi ketika bertemu dan sudah mengetahui aktivitas apa yang ingin dilakukan bersama.

Kuatkan Rasa Percaya

Rasa percaya sangat penting untuk menjalani hubungan yang awet sampai ke jenjang pernikahan. Pada hubungan LDR, rasa percaya sangat dibutuhkan dan harus diperkuat lagi. Karena dalam hubungan jarak jauh, jika ada sedikit saja keraguan dan salah satu pasangan tidak percaya lagi.

Maka, hubungan tersebut bisa dipastikan tidak akan bertahan lama. Ketika menghadapi suatu permasalahan, hadapi dengan kepala dingin tanpa langsung menuduh sepihak pada pasangan. Utamakan untuk berdiskusi dan jangan lari ketika sedang mengkomunikasikan hal penting.

Utamakan Pikiran Positif

Tips LDR langgeng sampai nikah yang terakhir adalah mengutamakan pikiran positif. Anda yang berjauhan dengan pasangan tanpa pertemuan yang sering. Mungkin seringkali dihantui pikiran negatif, mengenai pasangan yang berselingkuh atau tidak sayang lagi.

Pikiran tersebut, jika dituruti hanya akan membuat mood Anda memburuk dan akhirnya mempengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Karena itu, selalu utamakan pikiran yang positif dalam menjalani hubungan jarak jauh.

Tips LDR langgeng sampai nikah diatas mungkin terdengar sederhana. Namun, jika dilakukan dengan konsisten. Hal sederhana tersebut bisa menjamin keberlangsungan hubungan asmara Anda.

Bagikan artikel: