Arti Double Date dan Tips Melakukannya: Trend Terbaru Gen Z

5/5 - (134 votes)

Akhir-akhir ini, para pasangan Gen Z memiliki tren baru untuk dilakukan yaitu double date. Double date merupakan salah satu jenis kencan yang bisa Anda lakukan dengan pasangan agar tidak bosan dengan kencan biasa. Tapi jika kamu LDR, silahkan baca artikel sebelumnya yang membahas tips LDR langgeng sampai nikah. Namun sebenarnya, apa arti Double Date dan tips melakukannya?

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai double date, manfaatnya bagi hubungan dan bagaimana cara melakukan double date agar terasa lebih menyenangkan dari invi.

Apa Arti Double Date dan Tips Melakukannya?

Double date berasal dari 2 kata dalam bahasa Inggris. Double memiliki arti ganda, sedangkan date berarti kencan. Secara sederhana, double date adalah kencan atau melakukan hal lain bersama dengan pasangan lain.

Kencan Ganda ini biasanya dilakukan sebuah pasangan dengan pasangan lain yang merupakan kenalan, saudara, sahabat dengan pasangannya.

Kencan ini tidak harus dengan melakukan kegiatan yang formal seperti makan malam bersama. Anda bisa memiliki alternatif lain seperti berlibur bersama, kursus bersama pasangan, atau pergi ke tempat rekreasi atau tempat wisata.

Manfaat Double Date untuk Hubungan

Walaupun terkesan sederhana dan gampang dilakukan, double date memiliki banyak manfaat bagi Anda secara pribadi, pasangan, dan hubungan dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa manfaat kencan ganda yang bisa Anda pertimbangkan.

Mengenal pasangan lebih dalam

Double date bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal pasangan Anda lebih dalam. Apabila memiliki kencan biasa bersama pasangan, Anda hanya akan mengetahui tentang perkembangan hubungan Anda dan cara pasangan bersikap kepada diri Anda.

Namun, kencan ganda memberikan banyak insight lain tentang bagaimana pasangan Anda bersikap kepada orang lain. Terlebih lagi, orang lain tersebut adalah biasanya saudara maupun orang terdekat Anda bersama pasangannya.

Variasi kencan

Kencan ganda menawarkan variasi kencan yang berbeda. Saat kencan biasa, biasanya menghabiskan waktu berdua menikmati menikmati waktu berkualitas yang Anda dan pasangan sukai.

Dengan melakukan double date, Anda dan pasangan akan mendapatkan pengalaman kencan yang baru bersama dengan orang lain. Hal ini membuat kencan semakin bervariasi dan tidak membosankan.

Mendapatkan inspirasi dan pengalaman baru

Dengan bertemu dengan orang baru, Anda dan pasangan pasti akan mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman baru ini akan membentuk diri Anda dan pasangan menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Dengan bertemu orang lain, Anda dan pasangan juga bisa mendapatkan inspirasi dan pembelajaran dari pengalaman-pengalaman yang orang lain dapatkan. Hal ini bisa memberikan diri Anda pembelajaran dan insight yang baru.

Memperluas relasi

Bertemu orang yang baru pasti memperluas relasi dan pertemanan kita. Let’s say, Anda dan pasangan bertemu dengan sahabat dan pasangannya. Anda yang awalnya tidak mengenal pasangan sahabat pasti akan saling berkenalan dan bertukar informasi.

Secara tidak langsung, Anda telah menambah relasi baru yang nanti bisa bermanfaat di masa depan. Relasi atau koneksi ini bisa membantu Anda dalam berbagai hal seperti dalam bidang bisnis maupun secara personal.

Baca juga: Rincian Budget Nikah Sederhana di Bawah 25 Juta

Tips agar Double Date Makin Asyik & Bermakna

Tips agar Double Date Makin Asyik Bermakna

Kita sudah membahas tentang arti double date dan tips melakukannya adalah sebagai berikut. Tips ini bisa Anda dan pasangan lakukan agar double date menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.

Pilih Partner yang cocok

Yang pertama adalah pilih partner double date yang cocok. Partner yang dimaksud di sini adalah pasangan yang nantinya akan Anda ajak kencan bersama. Biasanya partner double date ini bisa berasal dari saudara, kenalan, maupun sahabat dan pasangannya.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah kecocokan antara kalian berempat. Pastikan ada satu topik obrolan atau hal yang membuat kalian semua tertarik. Hal ini bertujuan agar nantinya selalu ada topik pembicaraan dan tidak ada pembicaraan yang mati.

Sefrekuensi itu penting, tidak hanya bagi pasangan, tetapi juga bagi double date.

Pilih Tempat yang Menyenangkan

Selanjutnya adalah pilih tempat kencan yang menyenangkan. Saat Anda kencan berdua dengan pasangan, pasti kalian memiliki preferensi tempat sendiri sesuai dengan kepribadian. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan preferensi pasangan lain saat double date.

Pastikan tempat yang Anda pilih adalah tempat yang menyenangkan dan nyaman. Walaupun mungkin bukan preferensi Anda dan pasangan, Anda bisa mencoba banyak tempat kencan baru yang menyenangkan seperti berlibur di pantai, menuju ke tempat wisata, atau taman hiburan.

Hal ini bisa didiskusikan terlebih dahulu sejak jauh hari dan memastikan bahwa tidak ada orang yang keberatan dengan tempat kencan bersama.

Pilih Topik Pembicaraan yang Umum

Saat sudah melakukan double date, topik pembicaraan adalah hal yang cukup penting. Topik pembicaraan bisa menunjukkan seberapa cocok dan berhasil double date yang kalian lakukan.

Pilihlah topik pembicaraan yang umum. Misalnya membicarakan tentang keseharian, hal-hal sepele, hal yang sedang booming, dan masih banyak hal lain. Walaupun memang tidak semua topik bisa dibicarakan bersama, setidaknya semua orang ikut dalam percakapan.

Topik pembicaraan yang umum ini bertujuan untuk menghindari over sharing yang biasanya terjadi apabila membicarakan hal-hal yang terlalu spesifik atau serius. Selain itu pasti ada beberapa topik yang cukup sensitif sehingga lebih baik dihindari untuk kenyamanan bersama.

Membuka Diri

Pastikan juga Anda membuka diri dan tidak terlalu fokus pada pasangan. Saat Anda memutuskan untuk ikut double date, Anda juga harus berinteraksi dengan pasangan yang diajak kencan bersama.

Pastikan untuk selalu mengikuti obrolan, berusaha bersikap baik, memperhatikan respon mereka terhadap topik pembicaraan, atau beberapa sikap lain yang mungkin menunjukkan ketidaknyamanan.

Anda harus menyadari bahwa ada orang lain di meja yang sama. Jangan terlalu fokus pada pasangan dan tetap hormati dan hargai orang lain yang sedang bersama Anda.

Kurangi Skinship

Hal terakhir yang harus ada diperhatikan adalah kurang skinship. Skinship bisa disebut juga dengan public display of affection atau biasa disingkat dengan PDA. Sederhananya, menunjukkan kemesraan di depan umum.

Skinship ini bisa membahagiakan apabila dilakukan oleh orang orang yang dicinta dan di tempat yang tepat. Tentunya berdasarkan persetujuan pasangan dan batasan-batasan norma sosial.

Skinship atau PDA mungkin adalah hal yang biasa dilakukan Anda saat kencan dengan pasangan. Namun, Anda harus menyadari bahwa double date berarti akan ada orang lain yang ikut dalam kencan.

Bisa jadi, hal yang menurut Anda biasa itu tidak menyenangkan, tidak pantas, atau tidak nyaman untuk dilihat orang lain. Jadi, Anda harus menghargai orang lain yang ikut dalam gancaran tersebut dengan tidak terlalu menunjukkan skinship.

Arti double date dan tips melakukannya sudah dijelaskan dalam artikel di atas. Double date bisa menjadi ide kencan yang sangat bermanfaat bagi hubungan karena bisa mengenal pasangan dan orang lain lebih dalam. Pastikan juga untuk melakukan beberapa tips di atas agar double date Anda makin menyenangkan!

Referensi:

  • https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/arti-double-date-dan-tips-melakukannya-21ARV82mqEs
  • https://www.popbela.com/relationship/dating/citra-purnamasari/tips-seru-double-date
  • https://www.idntimes.com/life/relationship/afifah-hanim/double-date-bareng-sahabat-c1c2
  • https://www.ladiestory.id/manfaat-dan-aturan-main-double-date-60293
  • https://www.ladiestory.id/5-tips-double-date-biar-hubunganmu-makin-langgeng-66164
Bagikan artikel: