Rincian Budget Nikah Sederhana di Bawah 25 Juta

5/5 - (173 votes)

Menggelar pesta pernikahan mewah adalah impian banyak pasangan. Namun,tak perlu memaksakan keinginan jika belum memiliki cukup anggaran. Anda dan pasangan tetap bisa menyelenggarakan pesta pernikahan yang berkesan dengan budget nikah sederhana.

Berapa budget untuk pernikahan sederhana? Sebenarnya tidak ada kesepakatan khusus tentang hal ini. Karena istilah “sederhana” sangatlah relatif dan berbeda-beda bagi setiap orang. Simak beberapa referensi rincian biaya nikah sederhana dari invi berikut ini yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Rincian Budget Nikah Sederhana

Untuk memudahkan perincian biaya nikah, sebaiknya tentukan total biaya maksimal yang Anda anggarkan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Langsung saja sebut nominal, misalnya maksimal Rp25 juta atau Rp15 juta biar lebih hemat. Simak contoh rinciannya di bawah ini.

Budget Nikah 25 Juta

Banyak orang mengira budget nikah sederhana hanya bisa diaplikasikan untuk acara pernikahan yang digelar di rumah tanpa sewa gedung. Padahal, dengan budget Rp25 juta, Anda tetap bisa menyelenggarakan pernikahan di venue yang bagus tanpa perlu mengorbankan kebutuhan lainnya.

Bagaimana tips nikah 25 juta? Kuncinya, utamakan kebutuhan, pilih vendor berkualitas dengan harga ekonomis, serta undang lebih sedikit tamu. Misalnya, hanya mengundang 50-150 orang. Dengan jumlah undangan tersebut, maka Anda bisa membagi biaya Rp25.000.000 dalam rincian berikut ini.

  • Biaya seserahan saat lamaran: Rp1.500.000.
  • Biaya cincin pernikahan: Rp3.000.000.
  • Biaya mahar pernikahan: Rp1.000.000.
  • Biaya pendaftaran pernikahan di KUA: Rp500.000.
  • Biaya sewa venue: Rp2.500.000.
  • Biaya dekorasi: Rp1.000.000.
  • Biaya katering: Rp7.000.000.
  • Biaya undangan dan souvenir: Rp1.200.000.
  • Biaya jasa MUA dan baju pengantin: Rp2.500.000.
  • Biaya jasa dokumentasi foto dan video: Rp3.000.000.
  • Biaya hiburan dan pengisi acara: Rp1.200.000.
  • Biaya tak terduga lainnya: Rp600.000.

Budget Nikah di Bawah 15 Juta

Jika Rp25 juta masih terasa berat, turunkan anggaran menjadi hanya Rp15 juta. Itu artinya, harus ada kebutuhan senilai Rp10 juta yang dikurangi dari rincian biaya sebelumnya. Solusinya, coba tekan beberapa kebutuhan atau langsung hapus beberapa kebutuhan, seperti venue, katering, dan hiburan.

Buatlah pesta pernikahan di rumah tanpa sewa gedung, masak makanan sendiri tanpa menggunakan jasa katering, serta tidak perlu menyediakan hiburan. Selain itu, kurangi jumlah undangan, misalnya menjadi hanya 50-100 orang. Maka, Anda bisa membagi Rp15 juta dengan rincian berikut ini.

Biaya Utama

Untuk bisa menganggarkan budget nikah sederhana senilai Rp15 juta, Anda harus pintar-pintar menekan kebutuhan dan menemukan vendor paling ekonomis. Utamakan mengalokasikan anggaran tersebut untuk kebutuhan utama di bawah ini.

  • Biaya seserahan saat lamaran: Rp1.000.000.
  • Biaya cincin pernikahan: Rp3.000.000.
  • Biaya mahar pernikahan: Rp1.000.000.
  • Biaya pendaftaran pernikahan di KUA: Rp500.000.
  • Biaya dekorasi: Rp1.000.000.
  • Biaya undangan dan souvenir: Rp1.000.000.
  • Biaya jasa MUA dan baju pengantin: Rp2.000.000.
  • Biaya jasa dokumentasi foto: Rp2.000.000.
  • Biaya tak terduga lainnya: Rp500.000.

Supaya lebih hemat lagi, Anda bisa menggunakan undangan pernikahan digital. Selain hemat uang, Anda juga bisa hemat tenaga karena cukup mengirim undangannya melalui media sosial.

Biaya Makanan dan Minuman

Karena tidak menggunakan jasa katering dari luar, maka Anda perlu menyiapkan segala kebutuhan makanan dan minuman dengan memasaknya sendiri. Mintalah bantuan saudara dan tetangga terdekat untuk ikut memasak hidangan sederhana bagi tamu undangan.

Dari total anggaran Rp15 juta, untuk biaya utama telah menghabiskan Rp12 juta. Itu artinya, Anda memiliki sisa anggaran sebanyak Rp3.000 untuk biaya makanan dan minuman. Nominal tersebut bisa Anda rinci untuk membeli beberapa kebutuhan berikut ini.

  • Beras 20 kg: Rp300.000.
  • Sup makaroni: Rp300.000.
  • Ayam goreng: Rp1.000.000.
  • Mie goreng: Rp500.000.
  • Saus sambal: Rp100.000.
  • Kerupuk goreng 3 kg: Rp100.000.
  • Buah-buahan segar: Rp500.000.
  • Air mineral 5 karton: Rp200.000.

Perencanaan Budget Nikah Sederhana

Budget Nikah Sederhana

Selain menggunakan referensi rincian biaya yang telah ditampilkan sebelumnya, Anda juga dapat menentukan rincian anggaran pernikahan sendiri berdasarkan kebutuhan. Maka dari itu, sebelum membuat anggaran pernikahan, ketahui daftar kebutuhan pernikahan terlebih dahulu.

Setiap calon pengantin tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan tak harus disamakan. Berikut beberapa kebutuhan pernikahan paling umum yang bisa Anda pertimbangkan bersama pasangan jika berencana menggelar pesta pernikahan nanti.

Seserahan Lamaran

Di Indonesia terdapat tradisi yang mengharuskan pihak pria memberikan sejumlah barang sebagai seserahan saat melamar calon pengantin wanita. Untuk menghemat biaya seserahan, sebaiknya berikan seserahan sederhana. Yang terpenting barang tersebut bermanfaat untuk calon pengantin.

Beberapa barang penting yang umumnya dijadikan seserahan, di antaranya: pakaian, sepatu, alat mandi, kebutuhan skincare dan kosmetik, tas, serta perlengkapan kamar tidur. Berikan juga seserahan berupa makanan dan jajanan khas dari tempat tinggal Anda.

Biaya Penghulu dan Administrasi KUA

Kebutuhan berikutnya yang tak kalah penting adalah mendaftarkan rencana pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA). Nantinya Anda dan pasangan diminta mengumpulkan beberapa berkas membayar biaya administrasi sekitar Rp500.000.

Selain itu, jika berencana mengundang penghulu untuk menikahkan di rumah atau tempat lainnya di luar KUA, maka terdapat biaya tambahan. Umumnya, calon mempelai dikenai biaya mulai dari Rp600.000. Sementara jika dinikahkan penghulu di KUA, maka biayanya gratis.

Cincin Kawin

Setiap calon pengantin juga perlu membeli cincin sebagai mas kawin. Perhiasan tersebut digunakan sebagai simbol ikatan suci kedua mempelai agar terus bersama sampai maut memisahkan. Jadi, jangan sembarangan dalam memilih cincin kawin. Pilih yang berkualitas tinggi supaya tahan lama.

Untuk menghemat anggaran cincin kawin, sebaiknya pilih desain cincin polos tanpa hiasan permata berlian. Anda juga bisa memilih tingkat karat emas yang lebih rendah atau mempertimbangkan bahan cincin lainnya, seperti perak.

Mahar Pernikahan

Selain memberikan cincin sebagai mas kawin, pengantin pria juga perlu membeli mahar pernikahan untuk calon pengantin wanita. Jenis barang yang bisa dijadikan mahar itu bebas, tergantung permintaan dari pihak wanita. Namun, tak ada salahnya untuk mendiskusikannya bersama-sama.

Umumnya, calon mempelai memberikan mahar berupa perhiasan, tabungan deposito, atau sejumlah uang tunai dengan nominal tertentu. Khusus pengantin muslim, biasanya juga memberikan mahar berupa seperangkat alat sholat, seperti mukena, sajadah, dan kitab suci Al-Qur’an.

Venue dan Dekorasi Pernikahan

Venue adalah tempat yang dipilih untuk melangsungkan pernikahan. Bisa di rumah atau menyewa gedung lain, seperti hotel, villa, atau lainnya. Jika merencanakan budget nikah sederhana, sebaiknya selenggarakan acara di rumah atau sewa venue sederhana yang lebih ekonomis.

Sedangkan untuk kebutuhan dekorasi digunakan untuk memperindah tempat acara. Mulai dari dekorasi pelaminan atau tempat duduk pengantin, interior ruangan, hingga dekorasi meja dan kursi. Sebaiknya pilih dekorasi sederhana untuk menekan biaya yang harus Anda keluarkan.

Busana dan Tata Rias

Setiap pengantin pasti ingin momen pernikahannya terkenang indah, sehingga kedua mempelai mematut diri sedemikian rupa agar tampil sempurna. Salah satu caranya yaitu membeli atau menyewa busana pernikahan yang indah, serta menggunakan jasa tata rias profesional.

Daripada membeli baju pengantin sendiri yang belum tentu akan digunakan lagi, lebih baik sewa baju tersebut dari desainer, butik, atau vendor wardrobe. Biasanya penyedia jasa tata rias juga sekaligus menyewakan beberapa baju pengantin yang bisa Anda pilih. Jadi, manfaatkan itu saja.

Sedangkan untuk jasa tata rias juga bisa lebih dihemat dengan memilih paket khusus pengantin, serta mempersingkat durasi pemakaian riasan. Jadi, tidak perlu merias seluruh anggota keluarga dan pilih durasi pemakaian riasan lebih singkat. Cukup pakai saat acara resepsi pernikahan saja.

Katering

Setiap acara pasti membutuhkan jamuan makanan dan minuman untuk dihidangkan kepada tamu undangan yang hadir. Begitu pula dalam acara pernikahan. Menyediakan beragam makanan dan minuman adalah wajib. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan sebagai camilan di meja.

Umumnya, calon pengantin akan menggunakan jasa katering dari luar untuk membuat makanan dan minuman lebih praktis. Namun, tak ada salahnya Anda dan keluarga menyiapkan semua masakan sendiri jika ingin merencanakan budget nikah sederhana.

Di samping itu, Anda juga bisa mengurangi variasi makanan dan minuman agar tidak berlebihan dan berakibat tidak dimakan. Sebaiknya hidangkan makanan dan minuman secukupnya, serta pilih menu makanan paling umum yang disukai oleh semua tamu.

Jasa Dokumentasi

Keberadaan tim dokumentasi juga memegang peranan penting dalam menggelar acara pernikahan. Saat ini paket jasa dokumentasi acara pernikahan semakin beragam. Mulai dari paket dokumentasi khusus foto akad, foto resepsi, hingga tambahan pembuatan video sinematik.

Sebaiknya pilih jasa dokumentasi sesuai kebutuhan, apakah cukup foto saja atau sekaligus pembuatan video. Anda pun harus jeli dalam menentukan layanan tambahan, seperti cetak album foto, pembelian pigura, hingga extra charge untuk penambahan fotografer.

Paket Hiburan dan Pengisi Acara

Untuk memeriahkan acara pernikahan, biasanya calon pengantin juga menyediakan hiburan spesial, seperti tarian, live music, dan sebagainya. Jika berencana membuat acara tersebut, maka Anda perlu menyewa jasa penari, penyanyi, pemain musik, serta sound system yang mendukung.

Selain itu, jangan lewatkan pengisi acara lainnya yang tak kalah penting, seperti MC. Jika memiliki dana lebih, sebaiknya gunakan jasa MC wedding profesional. Atau jika ingin menghemat anggaran, sebaiknya minta bantuan teman atau saudara yang berpengalaman sebagai MC.

Undangan dan Souvenir

Yang kesepuluh, yaitu undangan dan souvenir untuk tamu yang diundang. Saat ini ada banyak vendor undangan yang menyediakan berbagai jenis undangan pernikahan. Mulai dari undangan cetak, video digital, hingga website.

Di era digital seperti sekarang, sebaiknya utamakan menggunakan undangan digital yang lebih praktis dan hemat. Namun, tetap pesan undangan cetak untuk dikirimkan kepada kerabat dan tetangga yang lokasinya tak jauh dari tempat tinggal Anda.

Sementara untuk pemilihan souvenir juga harus disesuaikan dengan anggaran. Tak ada salahnya memilih souvenir sederhana, asalkan barang tersebut memiliki nilai guna. Misalnya, membeli souvenir berupa gelas, cangkir, atau pouch.

Mengadakan acara pernikahan yang berkesan tak harus mengeluarkan biaya mahal hingga 100 juta lebih. Coba membuat pesta pernikahan sederhana dengan biaya tak sampai 30 juta. Dengan perincian yang tepat, nominal tersebut pasti cukup untuk membiayai semua kebutuhan pernikahan. Sebagai rekomendasi, ikuti contoh rincian budget nikah sederhana dengan total biaya Rp25 juta atau Rp15 juta di atas. Atau modifikasi lagi rinciannya menyesuaikan kondisi. Yang pasti, diskusikan bersama pasangan untuk menemukan rincian biaya nikah yang tepat sesuai kebutuhan.

Bagikan artikel: