Sebar Undangan H- Berapa? Ini Waktu Terbaiknya

5/5 - (6 votes)

Sebar undangan h- berapa? Hal ini seringkali dipertanyakan ketika menjelang pernikahan. Undangan pernikahan memang kebutuhan krusial yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum hari pernikahan tiba.

Undangan pernikahan menentukan banyak hal, untuk persiapan konsumsi, souvenir, kursi, lokasi, dan lain sebagainya. Mengapa menyebar undangan harus tepat waktu? Karena berkaitan langsung dengan kehadiran tamu.

Pertimbangkan 2 Hal ini Sebelum Mengirim Undangan

Sebelum menyebar undangan, Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal berikut berkaitan dengan sistem pengaturan waktu Anda untuk menyebar undangan dan efektivitas cara menyebar undangan karena tak jarang ada kesalahan jumlah, jam, dan lain sebagainya..

Daftar dan Jumlah Tamu Undangan yang Benar

Berapa banyak tamu yang akan datang nanti? Anda harus mendaftar siapa saja dan jumlahnya berapa. Banyaknya tamu undangan yang diundang, tentu harus mengatur waktu agar semua tersebar tepat waktu.

Selain itu, dari daftar undangan Anda akan tahu siapa undangan yang bisa menjadi prioritas atau lebih dulu butuh untuk disebar. Gunakan daftar tamu, berikut nama dan alamatnya. Untuk catatan pribadi, bisa Anda tambahkan status untuk memudahkan penyebaran undangan.

Biasanya acara pernikahan dibagi pada beberapa, catat hal semacam itu agar ketika hari h sebar undangan tidak ada undangan yang tertukar. Waktu persiapan acara pasti padat. Jadi, maksimalkan sejak awal mengatur undangan.

Tentukan Undangan Digital atau Fisik

Menggunakan undangan digital atau fisik? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan undangan digital adalah cara menyebarkan undangan digital mudah dan cepat, cukup membagikan link.

Namun, kini banyak kasus scam sehingga membuat orang mungkin akan ragu membuka undangan digital. Jadi pastikan yang Anda buka yaitu link website, bukan install aplikasi, dan pengirimnya sudah ada di kontak Anda. Sementara itu, undangan fisik cocok untuk orang tua yang mungkin jarang menggunakan ponsel dan tidak terlalu fleksibel dengan jaringan internet.

Namun, undangan fisik akan membutuhkan waktu, tenaga, dan uang yang lebih banyak. Anda bisa menggunakan keduanya untuk memaksimalkan waktu penyebaran, misal untuk tamu jauh menggunakan digital dan dekat pakai undangan fisik.

Sebar Undangan H- Berapa?

Ketika sebar undangan pernikahan, Anda harus mempertimbangkan jarak antara lokasi tamu dengan lokasi acara. Kenapa? Terlalu cepat berisiko tamu tidak bisa hadir, sebaliknya jika terlalu lambat berisiko tamu lupa untuk hadir.

Tamu Jauh

Undangan untuk tamu yang jauh, misal dari luar kota maka undangan bisa disebar 1 bulan sebelum acara. Kenapa harus selama itu? Tamu yang jauh butuh persiapan yang lebih banyak, pertama harus mengosongkan hari untuk menghadiri acara.

Selain itu, untuk tamu jauh masih harus memikirkan transportasi, biaya, penginapan, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Jika informasi acara terlalu mepet maka bisa jadi tamu undangan tidak bisa datang.

Tamu jauh bisa menggunakan undangan digital agar lebih mudah. Kapan undangan digital disebar? Sama dengan fisik, setidaknya satu bulan sebelum acara, waktu ini juga berlaku untuk orang penting misal pejabat karena menyesuaikan dengan kesibukan.

Tamu Dekat

Undangan untuk tamu dekat bisa Anda sebarkan 1-2 minggu sebelum acara pernikahan. Undangan pernikahan lewat WA bisa lebih cepat, tapi tetap batasi waktunya. Setidaknya h-seminggu acara, baik undangan fisik ataupun digital sudah tersebar.

Tetapkan target berapa undangan untuk tamu dekat, kemudian berapa hari tersedia untuk menyebar undangan, targetkan berapa undangan yang tersebar dalam sehari. Selain itu, sebar undangan sesuai urutan lokasi. Jika perlu gunakan jasa orang lain juga untuk menyebar undangan.

Sebar undangan h- berapa? antara 2 minggu atau sebulan sebelum acara. Sebar undangan sesuai dengan lokasi tamu dan status tamu apakah teman dekat, kerabat, atau tamu penting. Manajemen waktu yang baik agar acara terlaksana dengan sempurna.

Bagikan artikel: