Berapa Gaji Wedding Organizer? Ternyata Segini

5/5 - (6 votes)

Profesi sebagai wedding organizer banyak diminati anak muda dan berbagai rentang usia. Namun, sebelum Anda mengambil profesi ini, perlu diperhatikan juga gaji wedding organizer yang akan ditawarkan perusahaan. Jadi, Anda bisa menilai profesi ini menguntungkan atau tidak.

Jika berbicara mengenai pekerja dengan gaji besar, kerja di wedding organizer biasanya tidak masuk di antaranya. Padahal, prospek dan gaji yang ditawarkan oleh bidang ini cukup besar dan sangat memadai untuk para pencari kerja. 

Tentu saja, ada beberapa job desk yang mungkin gajinya lebih kecil dari job desk yang lebih sulit atau jabatan yang lebih tinggi, tergantung peran atau tugas wedding organizer tersebut. Namun, hal ini malah membuktikan jenjang karir yang jelas pada bidang ini. Menjanjikan gaji yang bisa semakin tinggi seiring dengan peningkatan pekerjaan.

Faktor yang Mempengaruhi  Gaji Wedding Organizer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karir wedding organizer sangat mungkin membuat Anda mendapatkan gaji yang besar. Gaji yang diberikan tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal ini juga yang membuat ada beberapa job yang gajinya lebih besar atau lebih kecil.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai faktor yang mempengaruhi gaji di bidang ini. Informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum bekerja di bidang ini dan mendapatkan gaji yang sesuai:

Bidang yang Ditekuni

Untuk mengatur dan menjalankan acara dengan baik, wedding organizer dibagi menjadi beberapa bidang dan tim. Misalnya, MC, fotografi dan dokumentasi, event koordinator, event manager, band atau pengiring musik dan berbagai bagian lainnya untuk mendukung acara.

Perhitungan gaji MC pasti berbeda dengan gaji pada bagi fotografi karena job desk dan beban kerjanya berbeda. Bahkan pada event koordinator saja, ada beberapa tingkatan crew yang membuat gaji berbeda. Semakin tinggi tingkatan semakin tinggi pula gaji yang ditawarkan.

Posisi yang Ditempati

Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin tinggi tingkatan semakin tinggi gaji yang ditawarkan. Hal ini artinya, posisi pekerjaan di bidang wedding organizer juga akan mempengaruhi besaran gaji wedding organizer. Misalnya, bagi tim event organizer ada yang berperan sebagai koordinator dan manager.

Namun, ada pula orang yang berperan sebagai crew biasa dan menjalankan arahan dari manager atau koordinator. Karena kedua pekerja ini menempati posisi yang berbeda, tidak heran jika gaji yang ditawarkan juga akan berbeda.

Keberlangsungan Acara Selama Hari H

Faktor lain yang mempengaruhi adalah bagaimana performa dan keberlangsungan acara selama hari H. Semakin banyak acara yang dapat dijalankan secara lancar dan tidak ada masalah. Maka, kenaikan gaji dan posisi merupakan hal yang relatif cepat bisa didapatkan.

Belum lagi, kemungkinan mendapatkan bonus performa dan berbagai bonus lainnya. Jika acara yang diatur berjalan dengan baik dan lancar. Faktor ini yang bisa membuat gaji yang diterima semakin besar, dan bertambah selain mendapatkan gaji pokok.

Beban Kerja yang Ditanggung

Posisi memang mempengaruhi tingginya gaji yang akan diterima oleh para pekerja. Namun, perlu diingat semakin tinggi posisi maka beban kerja yang ditanggung akan semakin besar juga. Karena itu, bukan hal yang mengejutkan jika tawaran gajinya lebih tinggi.

Pada situasi tertentu, misalnya saja crew biasa mendapatkan beban kerja dan tanggung jawab. Hal ini akan menambah performa yang bisa diberi bonus atau dinaikan gajinya. Jadi, beban kerja yang ditanggung tidak selalu berkaitan dengan posisi, hal ini tergantung dengan jalannya acara yang diatur.

Lama Bekerja di Bidang Wedding Organizer

Dunia kerja wedding organizer mengenal juga istilah crew senior dan junior. Namun, bukan dalam artian senioritas yang buruk, hanya untuk melihat masa kerja crew pada perusahaan wedding organizer saja. Tentu saja, semakin lama bekerja di bidang ini bisa memberikan gaji yang lebih tinggi.

Karena dedikasi yang sudah diberikan dan kenaikan tingkat serta posisi yang sudah cukup bagus. Bagi crew yang bergabung tentu saja harus mulai dari titik awal dan masih mendapatkan gaji di titik yang relatif rendah. Namun, masih mencukupi standar gaji saja.

Rincian Range Gaji Wedding Organizer

Pada pembahasan di atas sudah disebutkan berbagai hal yang mempengaruhi gaji di bidang ini. Namun, sebenarnya berapa angka konkrit gaji yang diberikan jika bekerja di wedding organizer. Berikuti ini adalah rincian range gaji di bidang ini sesuai dengan posisinya.

Perlu diketahui bahwa ini hanya perkiraan dan rata-rata saja. Perusahaan wedding organizer, bisa memberikan tawaran gaji yang berbeda-beda.

DetailGaji
Crew HarianRp1.500.000 – Rp2.000.000 per bulan atau sesuai performa
FotograferRp3.000.000 – Rp4.000.000 per event
Penyanyi atau bandRp2.000.000 – Rp3.000.000  untuk beberapa event atau sesuai kesepakatan
Event SalesRp3.000.000 per bulan
Event ManagerRp5.000.000 – Rp6.000.000 per bulan atau event sesuai kesepakatan
Event KoordinatorRp4.000.000 – Rp5.000.000 per bulan atau event sesuai kesepakatan
Range Gaji Wedding Organizer

JIka dilihat dari rincian di atas, gaji wedding organizer terbilang cukup menjanjikan, apalagi jika Anda sebgai reseller undangan digital, bisa Anda buat sebagai upsell kepada customer Anda. Bagi Anda yang berminat di bidang ini. Perlu konsistensi untuk mendapatkan gaji yang semakin tinggi, namun layak dijadikan karir.

Bagikan artikel: