7 Tips Memilih Wedding Organizer yang Tepat dan Profesional

5/5 - (6 votes)

Acara pernikahan seharusnya hanya terjadi satu kali seumur hidup. Maka dari itu, perlu tips memilih wedding organizer agar acara pernikahan berjalan lancar. Bersama wedding organizer yang tepat, resepsi pernikahan Anda akan sangat luar biasa. Selain itu, Anda juga harus mengetahui hal yang perlu dibahas sebelum menikah, harus dicatat yaa.

Wedding organizer sendiri merupakan jasa yang bertanggung jawab mengatur berbagai hal seputar pernikahan. Biasanya, wedding organizer menyediakan paket lengkap mulai dari dekorasi pernikahan, catering, sampai susunan acara saat resepsi.

Mengenal Wedding Organizer

Wedding organizer merupakan pekerjaan jasa yang membantu calon pengantin beserta keluarganya secara khusus. Perannya penting dalam merencanakan serangkaian acara resepsi sesuai keinginan mempelai.

Tugas wedding organizer ialah menyusun berbagai rangkaian acara, mulai dari catering, dekorasi pelaminan, rias pengantin, sampai bagian dokumentasi. Pekerjaan ini memang cukup menantang karena harus cepat tanggap serta bisa diandalkan.

WO yang baik harus terbuka dan ramah, sehingga komunikasi berjalan dengan lancar. Selain itu, kekompakan tim juga menjadi bahan pertimbangan karena setiap situasi atau masalah akan lebih mudah bila penyelesaiannya bersama-sama.

Bila terjadi suatu masalah dalam pesta pernikahan, wedding organizer harus memutar otak dengan cepat agar resepsi kembali lancar. Ini yang akan menjadi penilaian kepuasan klien, sehingga jasa WO terkenang selamanya.

Tips Memilih Wedding Organizer

Tentunya setiap pasangan ingin momen pernikahan yang membahagiakan. Maka dari itu, perlu memilih wedding organizer yang tepat. Ada sejumlah tips memilih WO agar resepsi berjalan sesuai rencana, antara lain:

Cari Referensi Lewat Internet

Banyak orang mengatakan jika internet adalah jendela informasi. Anda bisa mencari referensi wedding organizer melalui internet. Jaringan internet sendiri sangat luas, sehingga kemungkinan Anda untuk menemukan wedding organizer terbaik lebih besar.

Ada banyak pilihan wedding organizer dengan budget bervariasi. Bandingkan satu wedding organizer dengan yang lainnya dan jangan mengambil keputusan secara tergesa-gesa. Setelah itu, barulah tentukan mana yang menjadi pilihan Anda.

Pertimbangkan terlebih dahulu dengan matang, karena memang di internet ada banyak referensi yang bisa dijadikan rujukan. Anda juga bisa bertanya pada netizen terkait wedding organizer profesional berdasarkan pengalaman pribadi mereka masing-masing.

Minta Saran Orang Lain

Tips selanjutnya adalah dengan meminta saran dari orang lain. Biasanya, Anda bisa mendapatkan WO terbaik dari saran mulut ke mulut.

Beberapa bulan sebelum pernikahan, Anda dan pasangan memang akan sangat sibuk dengan berbagai keperluan pernikahan. Untuk meminimalisir beban pikiran, Anda bisa mendengarkan saran dari keluarga, teman, maupun kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa WO pernikahan.

Jangan malu untuk bertanya bila perlu mintalah review jujurnya. Bila orang terdekat merasa puas dengan kinerjanya, maka bisa saja wedding organizer ini layak untuk Anda coba. Sebaiknya, terima semua saran sebagai bahan pertimbangan.

Perhatikan Track Record

Tips memilih wedding organizer selanjutnya adalah dengan memperhatikan track record. Memilih wedding organizer yang berpengalaman cukup penting untuk menjamin kualitasnya.

WO profesional pasti mempunyai catatan perjalanan karier atau track record karena sudah sering mengerjakan rencana pernikahan. Jam terbang tentunya tidak akan mengecewakan Anda.

Anda bisa melihat track record wedding organizer dengan stalking kolom komentar media sosialnya. Bisa juga melihat portofolio pada website maupun sumber lainnya.

Sesuaikan Budget

Selanjutnya, sesuaikan wedding organizer dengan budget yang dimiliki. Biasanya, WO modern profesional memiliki rate card yang sangat tinggi. Sebaiknya, jangan memaksakan budget agar tidak membebankan keuangan Anda.

Masih banyak WO profesional dengan harga terjangkau. Supaya lebih hemat, Anda bisa memilih paket pernikahan. Harga paket cenderung lebih murah daripada harga WO biasa. Anda juga bisa lebih hemat lagi jika menggunakan undangan pernikahan digital, karena cukup dengan 1 undangan Anda bisa sebar ke tamu Anda tanpa batas.

Pastikan WO Komunikatif

Bekerja sama dengan pihak yang tidak komunikatif tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Maka dari itu, tips utama dalam memilih WO adalah memilih WO yang komunikatif.

Anda bisa mencari WO yang menerima segala saran yang Anda sampaikan. Carilah WO yang mudah berdiskusi agar berbagai konsep acara Anda berjalan sesuai ekspektasi.

Ingat, pengantin harus terlibat langsung dalam penyusunan konsep acara agar nantinya pernikahan sesuai dengan konsep yang diharapkan. Jangan mempercayakan segala urusan pernikahan kepada WO begitu saja, karena masing-masing kepala tentunya memiliki pemikiran tersendiri.

Cari Tahu Benefit

Berikutnya, Anda perlu mencari benefit wedding organizer yang hendak Anda gunakan. Ini berguna untuk memastikan bahwa biaya sebanding dengan benefitnya. Jangan sampai mengeluarkan biaya yang besar untuk benefit minimum.

Maka dari itu, tanyakan secara jelas kepada pihak WO, benefit apa yang akan Anda dapatkan dengan budget yang Anda miliki. Jangan ragu untuk bertanya dan minta penjelasan sedetail mungkin. Ini sangat penting agar tidak ada penyesalan pasca acara berlangsung.

Gunakan Surat Perjanjian

Tips memilih wedding organizer yang terakhir adalah dengan menandatangani surat perjanjian. Surat ini penting untuk meminimalisir segala bentuk resiko penipuan atau ketidaktanggungjawaban pihak wedding organizer terhadap klien.

Isi surat perjanjiannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, tentunya harus ada diskusi terlebih dahulu dari kedua belah pihak agar isi perjanjian menguntungkan segala sisi.

Surat perjanjian ini juga bisa menjadi bukti hukum yang sah bila terjadi kekacauan saat acara pernikahan. Bahkan, Anda bisa menuntut ganti rugi dari pihak wedding organizer, misalnya berupa pengembalian uang sekian persen atau dengan cara lainnya.

Kesimpulan

Meskipun wedding organizer berasal dari rekomendasi orang terdekat, tetap saja Anda harus selektif. Jangan percaya begitu saja, apalagi langsung membuat surat perjanjian dengan pihak WO. Pastikan Anda telah melakukan sejumlah tips memilih wedding organizer di atas sebelum benar-benar menetapkan pilihan.

Bagikan artikel: