10 Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Undangan Digital

5/5 - (132 votes)

Anda masih menggunakan undangan cetak? Jika iya, mungkin Anda perlu mulai mencoba menggunakan undangan digital. Kenapa harus undangan digital? Karena banyak manfaat dan kelebihan menggunakan undangan digital dari segi biaya, waktu, dan lain-lain.

Sudah tahu apa itu undangan digital? Undangan digital merupakan undangan yang dibuat dengan basis digital, bisa visual saja atau lengkap dengan audio. Undangan ini kini populer dan banyak digunakan, lantas apa saja kelebihan dan manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

6 Kelebihan Menggunakan Undangan Digital

Daripada undangan konvensional atau cetak, undangan digital punya beberapa kelebihan, seperti proses pembuatan yang lebih mudah dan biaya lebih miring, Namun, meskipun begitu undangan digital tetap bisa tampak bagus dan menarik, kenapa?

Desain undangan digital tak kalah variatif dengan undangan konvensional atau cetak, bahkan lengkap dengan fitur yang canggih dan memudahkan. Simak penjelasan lengkap kelebihan-kelebihan undangan digital berikut ini.

Lebih Praktis

Kelebihan menggunakan undangan digital yang utama adalah undangan ini sangat praktis. Jika undangan konvensional masih butuh desain kemudian cetak maka Anda tidak perlu melakukan proses cetak pada undangan digital sehingga prosesnya jauh lebih praktis.

Adanya undangan digital bisa ‘memotong’ waktu proses cetak sehingga undangan lebih cepat selesai dan bisa segera disebarkan. Tak hanya itu, undangan digital bisa sampai pada kerabat, teman, rekan kerja yang jauh hanya dalam hitungan detik. Praktis bukan?

Biaya Undangan Digital Lebih Murah

Acara pernikahan, event peresmian, tasyakuran, dan acara penting lainnya membutuhkan banyak biaya. Biaya untuk katering makanan, sewa gedung, souvenir, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur pengeluaran semaksimal mungkin, termasuk biaya undangan.

Biaya undangan digital bisa lebih murah karena Anda akan memangkas biaya cetak, sekaligus biaya bahan pengemas undangan, terlebih untuk undangan dengan desain tertentu biasanya harganya lebih mahal, semakin mewah harganya juga semakin mahal

Tak hanya hemat biaya cetak dan pengemasan, Anda juga bisa menghemat biaya transportasi untuk mengantar undangan, terlebih jika Anda memanfaatkan jasa orang lain. Anda bisa bayar double, biaya transportasi dan jasa untuk pengantaran undangan.

Fitur Undangan Digital Menarik dan Variatif

Kelebihan ketiga yang jelas unggul daripada undangan konvensional adalah fitur undangan digital yang menarik dan lebih variatif. Undangan cetak hanya mencakup visual berupa tulisan dan foto, sedangkan undangan digital bisa mencakup tulisan, foto, musik, bahkan video.

Fitur undangan digital tak terbatas, Anda bisa mengirimkan pesan atau doa untuk penyelenggara acara, dilengkapi countdown date, termasuk memuat informasi penting seperti tautan alamat, nomor rekening atau dompet digital, dan lain sebagainya.

Banyak Variasi Undangan Digital

Undangan digital atau juga biasa dikenal undangan online memiliki variasi tak kalah banyak dengan undangan konvensional, seperti variasi fitur didalamnya dengan tampilan berbagai tema warna. Fitur undangan digital bisa pilih dari yang biasa saja hingga fitur terlengkap.

Tak hanya itu, keunggulan undangan digital lainnya adalah konsep desain yang variatif, seperti simpel, mewah, kultural atau desain undangan digital dengan konsep adat sesuai acara, atau buat undangan digital dengan konsep animasi yang lucu.

Cocok untuk Mengundang Satu Grup

Anda mungkin ingin mengundang sekelompok orang, seperti teman satu kelas, rekan kerja satu divisi, satu komplek, dan lain-lain. Undangan digital ini sangat cocok digunakan karena tidak perlu kirim undangan cetak satu per satu.

Tidak seperti undangan cetak biasanya khusus untuk satu orang atau pasangan, undangan digital bisa langsung untuk satu grup misal, share melalui grup Whatsapp, Telegram, Line, dan semacamnya, kemudian undangan bisa dibuka dimanapun dan kapanpun.

Undangan Digital Cepat Dikirim dan Diterima

Kelebihan menggunakan undangan digital yang terakhir adalah undangan digital berupa website lifetime yang cepat dikirim dan diterima. Ini solusi paling tepat untuk Anda yang punya acara dalam waktu dekat atau tidak sempat jika harus kirim undangan cetak. Cukup share undangan digital dan beres!

Lantas, bagaimana cara membuat undangan online? Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan undangan online, cukup pilih variasi undangan dan bayar, dan selesai. Banyak jasa pembuat undangan online yang menyediakan berbagai tema dengan harga terjangkau.

4 Manfaat Undangan Digital

Kelebihan Menggunakan Undangan Digital

Seringkali ada kendala ketika membuat undangan, seperti kesalahan cetak, desain kurang cocok dan lain sebagainya. Beberapa kelebihan undangan digital, seperti proses pembuatan yang cepat, murah, dan fitur yang canggih akan sangat bermanfaat.

Dari banyaknya kelebihan menggunakan undangan digital, ada banyak manfaat yang akan Anda dapat. Bukan hanya untuk pemilik undangan, tetapi juga untuk penerima undangan, bahkan manfaat untuk lingkungan.

Perbaikan Mudah dan Cepat

Pada undangan konvensional atau cetak, apabila undangan sudah dicetak dalam jumlah banyak, maka kesalahan semacam itu bisa berakibat fatal dan sangat merugikan, banyak undangan terbuang percuma, perbaikan juga menambah penggunaan bahan, tambah lagi biaya, serta waktu.

Berbeda dengan undangan digital yang perbaikannya mudah, cepat, dan bisa diperbaiki kapan saja. Selain itu, Anda tak perlu khawatir tambah biaya karena biasanya revisi itu sudah dalam satu paket pengerjaan undangan digital.

Manfaat Undangan Digital untuk Lingkungan

Undangan digital juga bermanfaat untuk lingkungan. Dengan menggunakan undangan digital, Anda bisa membantu menjaga lingkungan dengan menghemat penggunaan kertas alias paperless, serta mengurangi sampah. Bayangkan seberapa banyak sampah nantinya hanya dari undangan konvensional.

Bahkan terkadang bukan hanya sampah kertas, tetapi juga tambah dengan sampah plastik dari pembungkus undangan. Oleh karena itu, Dengan undangan digital atau online, Anda bisa hemat sekaligus melestarikan lingkungan.

Manajemen Tamu Lebih Mudah dan Tertata

Salah satu keunggulan undangan digital yang sangat bermanfaat adalah mencatat kehadiran tamu. Seringkali tamu lupa mencatat di buku tamu. Selain itu, pencatatan kehadiran secara manual akan butuh waktu yang tidak sebentar sehingga seringkali terjadi beberapa antrian di meja terima tamu.

Hal tersebut membuat prosesnya kurang efisien. Undangan digital bisa juga dilengkapi dengan RSVP dengan unique passcode untuk tamu mengonfirmasi kehadiran. Fitur ini akan membuat manajemen tamu lebih efektif dan efisien, termasuk persiapan acara, seperti pengaturan meja, souvenir, dan semacamnya.

Bebas Custom

Manfaat undangan digital yang tak kalah menarik adalah bebas custom. Custom apa saja? Custom desain untuk undangan pernikahan, undangan ulang tahun, dan lain-lain. Custom lagu atau backsound, dan lain sebagainya. Dengan begitu, undangan digital Anda akan tampak elegan dan tidak monoton.

Undangan digital kekinian juga bisa custom untuk tautan live streaming, Anda juga bisa custom agar undangan bisa diakses dalam hitungan bulan atau tahun, serta tak membatasi foto yang digunakan dalam undangan, bahkan bisa sampai puluhan.

Banyak manfaat dan kelebihan menggunakan undangan digital, Namun, kelebihan dan manfaat undangan digital tersebut juga bisa Anda dapat tergantung pemilihan paket fitur tertentu dari jasa pembuatan undangan digital, seperti fitur reguler atau premium yang lebih lengkap.

Bagikan artikel: