7 Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan Digital, Mudah Dibagikan!

5/5 - (10 votes)

Pernikahan merupakan momen sakral yang menjadi saat bahagia bagi kedua calon mempelai. Sebelum pernikahan berlangsung, anda perlu mencari tahu contoh kata-kata undangan pernikahan. Pasca pandemi banyak hal berubah, tidak terkecuali soal undangan pernikahan digital.

Banyaknya pasangan yang memilih undangan digital sebagai alternatif untuk meminimalisir biaya sekaligus mengundang keluarga yang tempat tinggalnya jauh.

Meskipun secara digital, tetap saja kata-kata undangan pernikahan harus memuat berbagai informasi yang dibutuhkan. Simak informasi lengkapnya pada artikel ini.

Mengenal Undangan Pernikahan

Apa yang dimaksud dengan undangan pernikahan? Undangan pernikahan merupakan elemen penting dalam pernikahan karena menjadi media untuk memberitahukan acara pernikahan. Dalam undangan pernikahan, tercantum berbagai informasi mengenai tempat, tanggal, dan waktu pelaksanaan pernikahan.

Selain itu, undangan pernikahan juga mencantumkan nama pengantin dan informasi lainnya berkaitan dengan acara. Undangan pernikahan menjadi elemen penting karena memiliki beberapa alasan berikut ini.

Memberikan Kesan Pertama

Undangan pernikahan menjadi media pertama yang didapatkan tamu undangan. Fungsinya penting sebagai pemberi kesan pertama yang baik mengenai acara pernikahan. Maka dari itu, Anda perlu membuat undangan pernikahan sebaik dan semenarik mungkin.

Undangan pernikahan yang bagus tentu akan menarik perhatian tamu undangan untuk hadir. Saat ini, ada banyak sekali pilihan mode undangan, baik secara digital maupun konvensional. Anda bisa menuangkan kreativitas dalam undangan sesuai selera.

Memudahkan Pengantin Mengatur Tamu Undangan

Dalam pesta pernikahan, tentunya anda sudah memperhitungkan tamu undangan. Selama proses persiapan, Anda membutuhkan jumlah tamu undangan untuk mengatur tempat duduk, catering, hingga kenyamanan selama acara berlangsung.

Dengan adanya undangan pernikahan, Anda bisa mengatur jumlah tamu yang hadir. Ini bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak anda inginkan, seperti ruangan penuh dan sesak.

Selain itu, keberadaan undangan juga membantu mengidentifikasi tamu. Anda bisa membedakan undangan untuk keluarga, teman dekat, maupun tamu lain.

Keberadaan undangan pernikahan menjadi bukti nyata bahwa Anda serius dalam melangsungkan pernikahan. Undangan menjadi media resmi untuk memberitahu bahwa ada acara pernikahan lengkap dengan informasi pendukungnya. Ini bisa menunjukkan bahwa pengantin menghargai dan membutuhkan kehadiran tamu undangan.

Format Undangan Pernikahan

Sebelum sebar undangan dan melihat contoh kata-kata undangan pernikahan, anda perlu mengetahui formatnya terlebih dahulu. Pastinya undangan pernikahan disusun dengan format tertentu agar sistematis dan tidak ada informasi yang terlupakan. Bagaimana format undangan pernikahan?

Pembuka

Dalam setiap undangan, pembuka menjadi hal terpenting karena memberikan kesan pertama. Pembuka dalam undangan pernikahan bisa bervariasi, mulai dari salam sederhana, ucapan keagamaan, hingga quotes yang berkaitan dengan pernikahan. Usahakan untuk membuat kata-kata pembuka yang menarik agar tamu undangan melanjutkan membaca undangan sampai selesai.

Anda bisa mengandalkan kreativitas dengan menceritakan sedikit kisah cinta atau perjalanan Anda dan pasangan. Meskipun begitu, usahakan untuk tidak terlalu panjang agar tidak memakan waktu pembaca. Kalimat pembuka sebaiknya dibuat sekitar 20 sampai 100 kata saja.

Nama Pengantin

Nama lengkap kedua pengantin tentunya menjadi hal yang wajib ada dalam suatu undangan pernikahan. Penulisan nama pengantin yang pendek tentu akan memudahkan Anda karena membuat ketersediaan ruang dalam kertas undangan lebih banyak.

Namun, jika pengantin memiliki nama yang panjang, Anda bisa mempersingkat salah satu nama pengantin. Penyingkatan nama harus menyesuaikan adat istiadat masing-masing daerah. Pasalnya, pada beberapa budaya, calon pengantin yang memiliki marga sebaiknya tidak mempersingkat nama marganya.

Tidak hanya nama lengkap, Anda juga dapat mencantumkan gelar pendidikan yang Anda miliki. Penulisan nama gelar ini tidak bersifat wajib dan bergantung pada kesepakatan kedua belah pihak.

Nama Orang Tua

Berikutnya, nama orang tua. Nama orang tua berfungsi untuk memperkenalkan orang tua pengantin kepada tamu undangan. Pencantuman nama orang tua menjadi krusial apabila undangan yang Anda buat khusus untuk kerabat orang tua, rekan kerja, ataupun teman-teman yang mereka miliki saat muda.

Informasi Detail Acara

Selanjutnya, hal yang wajib ada dalam undangan pernikahan adalah informasi detail acara. Informasi detail acara dapat berupa waktu dan alamat berlangsungnya pernikahan.

Waktu dapat meliputi tanggal akad, resepsi, serta lama pesta pernikahan. Sementara, alamat dalam bentuk nama gedung, alamat lengkap, hingga peta satelit berbentuk gambar. Jangan lupa untuk menuliskan informasi detail acara dengan jelas seperti yang tertera pada contoh kata-kata undangan pernikahan.

Konfirmasi Kehadiran

Selanjutnya, Anda bisa mencantumkan konfirmasi kehadiran. Bagian ini bersifat opsional, namun akan memudahkan anda dalam mengidentifikasi serta menghitung jumlah tamu undangan. Konfirmasi kehadiran bisa dalam bentuk pengisian formulir maupun hanya pesan iya atau tidak.

Penutup

Bagian terakhir dari undangan pernikahan adalah kata penutup. Pada bagian ini, anda perlu menyampaikan harapan tamu undangan akan datang. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas kesediaan tamu membaca undangan.

Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan

Jika budget pernikahan tidak terlalu besar, maka anda bisa mengirimkan undangan secara digital. Bahkan, beberapa pasangan memutuskan untuk mengirim undangan melalui sosial media. Sebelum mengirim kata kata ini Anda juga perlu perhatikan etika mengirim undangan supaya lebih sopan.

Berikut beberapa contoh kata-kata undangan pernikahan lewat chat atau media sosial seperti whatsapp, telegram, instagram dan facebook.

Undangan Pernikahan Sederhana

Tidak suka dengan hal rumit yang membingungkan? Anda bisa membuat undangan pernikahan sederhana melalui pesan singkat. Undangan pernikahan sederhana mencakup nama penerima, salam, informasi mengenai detail pernikahan, dan penutup. Berikut contohnya.

Kepada : Bapak/Ibu Selena

Perihal : Undangan Pernikahan

Selamat malam Bapak/Ibu

Bersamaan dengan pesan ini, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir di acara pernikahan kami.

Amanda & Kevin

Kami akan melangsungkan pernikahan dengan detail informasi sebagai berikut.

Hari dan Tanggal : Selasa, 12 Februari 2024

Pukul : 19.00 WIB

Lokasi : Hotel Kebahagiaan Abadi, Jalan Setiabudi No. 15, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Demikian undangan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu dapat menghadiri acara pernikahan ini.

Kami yang berbahagia,

Amanda & Kevin

Undangan Pernikahan Muslim

Selanjutnya, ada kata-kata undangan pernikahan untuk umat Islam. Anda bisa mengawali undangan dengan kata-kata mutiara maupun terjemahan dari potongan ayat Alquran terkait pernikahan. Beberapa ayat yang sering digunakan adalah QS. Adz Dzariyat ayat 49, QS. An Nur ayat 32, dan QS. At Taubah ayat 71. Berikut contohnya.

“Hai para pemuda! barang siapa di antara kamu sudah mampu kawin, maka kawinlah, Karena dia itu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Dan siapa yang belum mampu hendaklah dia berpuasa karena dapat menahan.” (Muttafaq ‘alaih)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan segala rahmat dan ridha Allah SWT, kami yang tengah berbahagia bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu dalam acara pernikahan kami. Acara akan berlangsung pada:

Hari dan tanggal : Selasa, 12 Februari 2024

Waktu : 13.00 WIB

Tempat : Masjid Al-Istiqomah, Jalan Kemerdekaan No. 28, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu dalam acara pernikahan kami. Mohon melakukan konfirmasi kehadiran dengan menjawab pesan ini dengan YA/TIDAK.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Undangan Pernikahan Kristiani

Bila anda merupakan umat Kristiani yang sedang mempersiapkan pernikahan, maka contoh kata-kata undangan ini sangat sesuai. Hampir sama dengan contoh kata-kata undangan pernikahan Islam, undangan pernikahan Kristiani bisa anda awali dengan kutipan ayat Alkitab. Contohnya adalah sebagai berikut.

“Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.” (Kolose 3:14)

Kami yang berbahagia, Jonathan & Angelica, mengundang Saudara/Saudari untuk datang ke acara pemberkatan pernikahan kami pada hari Minggu, 19 Februari 2024 pukul 10.00 WIB.

Pemberkatan pernikahan akan berlangsung di Gereja Katedral, Keuskupan Agung Jakarta (Jalan Katedral Nomor 7B, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat)

Saudara/Saudari dimohon untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Kami sangat mengharapkan kehadirannya untuk memberi doa secara resmi.

Hormat kami yang berbahagia,

Keluarga Jonathan & keluarga Angelica.

Undangan Pernikahan Formal

Meskipun undangan pernikahan Anda berikan secara digital, namun tetap saja Anda harus bersikap sopan. Anda perlu memperhatikan kata-kata agar tamu undangan merasa dihargai. Ini adalah contoh kata-kata undangan pernikahan formal.

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Di tempat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dengan rahmat dan kuasa Allah SWT, kami bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam acara pernikahan kami

Ria Restiani & Muhammad Agus Dimas

Sebagai informasi detail acara, kami akan melampirkan tanggal, waktu, dan tempat.

Tanggal : Sabtu, 23 Januari 2024

Waktu : 15.00 – 17.00 WIB

Tempat : Villa Kemenangan Resort, Hall A, Jalan Braga Nomor 47, Bandung, Jawa Barat.

Menjadi suatu kehormatan serta kebahagiaan bagi kami tentunya apabila Bapak/Ibu berkenan untuk hadir. Kami sangat mengharapkan doa restu dari Bapak/Ibu secara langsung.

Atas kesediaannya dalam membaca undangan ini, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat kami,

Ria Restiani & Muhammad Agus Dimas

Undangan Pernikahan Non Formal

Jika ingin mengirim undangan pernikahan ke teman dekat, maka anda bisa memilih undangan pernikahan non formal. Meskipun sifatnya non formal, anda tetap tidak boleh menggunakan bahasa sehari-hari. Coba perhatikan contoh kata-kata undangan pernikahan non formal berikut.

Selamat pagi.

Kepada teman-teman yang terkasih,

Melalui pesan ini, kami bermaksud untuk menyampaikan kabar bahagia. Kami ingin mengundang Anda untuk datang ke acara pernikahan kami pada hari Minggu, 13 Februari 2024 di Hotel Ceria, Jalan Letjen Suprapto Nomor 25, Jakarta Timur pukul 18.00 WIB.

Semoga teman-teman berkenan menyempatkan waktu untuk hadir dan memeriahkan acara ini. Atas waktu dan perhatiannya, terima kasih.

Undangan Pernikahan Singkat

Tidak semua orang menyukai pesan yang panjang. Maka dari itu, undangan pernikahan singkat bisa menjadi alternatif terbaik jika tamu undangan malas membaca pesan panjang. Ucapkan maksud dan tujuan Anda secara singkat, namun tetap lengkap. Berikut contohnya.

Salam hangat, teman-teman. Melalui pesan ini, saya ingin mengundang teman-teman ke acara pernikahan saya yang akan berlangsung pada hari Sabtu, 12 Februari 2024 di Hotel Oakwood, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pukul 18.00 WIB.

Besar harapan saya atas kehadiran teman-teman sekalian. Mohon melakukan konfirmasi kehadiran dengan membalas pesan ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Undangan Pernikahan Panjang

Berkebalikan dari undangan pernikahan singkat, selanjutnya ada contoh kata-kata undangan pernikahan yang panjang. Undangan ini cocok bagi Anda yang merasa memiliki beragam informasi untuk disampaikan kepada tamu undangan. Biasanya, undangan pernikahan panjang cenderung lebih lengkap, namun tetap tidak bertele-tele.

Dengan kasih sayang dan doa, kami besarkan putra putri kami. Alhamdulillah Allah SWT mempertemukan hati mereka untuk membangun kehidupan bersama dan berbagi cinta. Kiranya Allah SWT memperkenankan Putra Putri kami:

Amelia Putri Sari

Putri ke-1 dari Bpk. Herman & Ibu. Rosdiana

Dengan

Nur Ramadhan

Putra ke-3 dari Bpk. Ramadhan & Ibu. Siti

Untuk mengikuti sunnah rasul dalam membina rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah melalui ikatan pernikahan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 22 Februari 2024

Jam : 10.00 WIB

Tempat : Masjid Al Ikhlas

Merupakan kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/Ibu berkenan hadir.

Tips Membuat Undangan Pernikahan

Setelah mengetahui contoh kata-kata undangan pernikahan, kini saatnya anda melihat beberapa tips membuat undangan pernikahan. Fungsi undangan sebagai media penyampaian detail pernikahan membuat Anda harus menaruh perhatian lebih. Apa tips membuat undangan yang menarik?

Memilih Bentuk Undangan Pernikahan

Tips yang pertama adalah memilih bentuk undangan pernikahan. Saat ini, ada banyak sekali bentuk undangan yang menarik dan modern. Bentuk undangan sendiri terbagi menjadi dua, yakni bentuk fisik dan digital.

Bentuk fisik memang lebih konvensional dan menunjukkan keseriusan anda dalam menyelenggarakan acara pernikahan. Namun, ini akan memakan biaya yang cukup besar karena harus dicetak dan disebarluaskan. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih undangan berbentuk digital.

Undangan digital juga kini bervariasi dan bisa anda desain semenarik mungkin. Memanfaatkan AI dan teknologi modern, tentunya hasil undangan pernikahan lebih praktis dan bisa anda sebarkan melalui sosial media.

Menentukan Desain Undangan Pernikahan

Berikutnya, Anda bisa menentukan desain undangan pernikahan. Jika sudah memilih bentuk paling sesuai untuk undangan pernikahan anda, tentukan desain undangan yang selaras dengan tema.

Misalnya, pernikahan Anda mengusung konsep elegan dengan dominasi warna putih. Maka, warna dasar undangan sebaiknya juga putih. Dalam menentukan desain, pemilihan font serta elemen pada undangan juga perlu anda perhatikan.

Desain yang menarik pastinya membuat tamu undangan penasaran untuk membuka serta membaca isinya. Seiring berjalannya waktu, banyak desain undangan berkonsep unik, misalnya buku digital, poster, situs website, dan masih banyak lagi.

Muat Informasi yang Lengkap

Undangan pernikahan berperan sebagai media untuk menyampaikan informasi bagi tamu undangan. Maka dari itu, Anda harus memastikan isi undangan jelas dan lengkap. Pastikan terdapat informasi berupa tempat penyelenggaraan acara, tanggal, dan waktu.

Bahkan, anda bisa menambahkan peta menuju lokasi agar tamu undangan tidak tersesat. Informasi yang lengkap bisa membantu tamu undangan menyesuaikan jadwal mereka agar hadir tepat waktu di acara pernikahan.

Gunakan Bahasa yang Sopan

Satu-satunya cara untuk menyebarkan acara pernikahan secara resmi adalah melalui surat undangan. Maka dari itu, anda perlu menggunakan bahasa yang sopan dan cenderung formal. Sebaiknya, hindari penggunaan bahasa sehari-hari yang terlalu santai.

Tips ini juga berlaku jika anda ingin menyebarkan undangan kepada teman dekat. Tetap jaga batasan karena mengingat acara pernikahan adalah sakral dan hanya terjadi seumur hidup sekali. Agar tidak keliru, Anda bisa melihat contoh kata-kata undangan pernikahan sebelumnya.

Menghitung Jumlah Undangan

Tips terakhir adalah menghitung jumlah undangan bila memang Anda mencetaknya secara konvensional. Jangan membuat undangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit karena dapat mempengaruhi kenyamanan tamu selama acara pernikahan.

Namun, jika undangan disebarkan melalui digital, Anda cukup membuat satu kemudian menyebarluaskannya. Contoh kata-kata undangan pernikahan akan membantu Anda menyusun undangan yang sempurna. Dengan undangan yang bagus, tamu pasti akan merasa dihargai dan tertarik untuk datang ke acara pernikahan Anda. Ingat, jangan sampai ada informasi yang terlewatkan, ya!

Kesimpulan

Jika pernikahan Anda menggunakan undangan digital, Anda dapat dengan mudah membuat dan membagikannya kepada tamu. Namun, jika Anda menggunakan undangan cetak, penting untuk menghitung jumlahnya dengan tepat agar tidak kekurangan atau kelebihan undangan. Gunakan contoh kata-kata undangan pernikahan diatas untuk membantu Anda merancang undangan yang sempurna. Pastikan tidak ada informasi yang terlewatkan agar tamu merasa dihargai dan tertarik untuk menghadiri acara pernikahan Anda.

Bagikan artikel: