5 Perbedaan Undangan Online dan Cetak dari Berbagai Aspek

5/5 - (6 votes)

Sekarang ini banyak orang yang mempertimbangkan menggunakan undangan online atau cetak. Sebelum memutuskan lebih baik untuk mengetahui perbedaan undangan online dan cetak terlebih dahulu dari berbagai aspeknya.

Setiap bentuk undangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena itu, paling penting bukan hanya sekedar bentuknya. Namun, kebutuhan dari para pengantin sendiri yang ingin menyebarkan undangan. Sehingga bisa ditentukan bentuk undangan yang paling sesuai.

Undangan cetak memang memiliki kesan yang lebih tradisional dan undangan online memiliki kesan yang modern. Namun, tidak semua orang memerlukan undangan online bisa saja situasinya lebih pas menggunakan undangan cetak.

Pengertian Undangan Online dan Cetak

Sebelum mengetahui perbedaan undangan online dan cetak, lebih baik dimulai lebih dulu dengan pengertiannya. Jadi, para pasangan pengantin bisa memahami bentuknya dari kedua jenis undangan ini. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai kedua undangan ini :

Undangan Online

Undangan online sesuai dengan namanya merupakan undangan yang dibuat secara digital atau virtual. Biasanya, bentuknya adalah laman website yang bisa diakses dengan link tertentu. Cara para tamu untuk mengakses undangan ini adalah dengan mengklik alamat atau link yang diberikan. Ada beberapa kelebihan undangan online yang bisa kamu peroleh jika menggunakan ini.

Undangan ini harus dibuat oleh ahli IT, karena tampilannya yang online. Desainnya bisa sangat beragam dan diberi banyak fitur mulai dari foto sampai musik pengiring ketika mengakses. Beruntungnya, Anda sekarang berada di website yang tepat, karena invi merupakan layanan pembuatan undangan, klik tombol dibawah ini untuk membuat undangan siap pakai.

Undangan Cetak

Undang cetak adalah bentuk undangan yang lebih tradisional, biasanya dicetak di atas kertas. Namun, tidak hanya kertas saja biasanya juga diberi berbagai hiasan. Tidak jarang undangan diberi wadah yang cantik sehingga memiliki tampilan super menarik.

Jadi, tidak hanya sekedar dicetak di selembar kertas saja. Tampilan undangan cetak juga bisa didesain dan di atur agar menarik dan lebih berkesan bagi para tamu.

Perbedaan undangan Online dan Cetak dari Berbagai Aspek

Supaya lebih mudah bagi para calon pasangan pengantin mengetahui perbedaan jenis undangan ini. Pembahasan perbedaannya akan dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari harga pembuatan, akses undangan, sampai bentuk dan berbagai aspek lain.

Informasi perbedaan undangan online dan cetak di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan yang bagus bagi para calon pasangan pengantin. Untuk menentukan, kira-kira bentuk undangan seperti apa yang paling cocok.

Harga Pembuatan Undangan

Sekilas harga pembuatan undangan online terkesan lebih mahal dibandingkan dengan undangan cetak. Karena pembuatan satu link undangan online saja bisa menelan biaya hingga ratusan ribu sampai jutaan. Tergantung dengan antarmuka yang diinginkan oleh pasangan.

Undangan cetak bisa dibuat mulai dari harga Rp4.000 per lembarnya. Namun jangan tertipu dengan harga murah. Jika undangan cetak dibuat dalam jumlah banyak maka harganya sama saja akan mahal. Berbeda dengan undangan online yang hanya satu kali dibuat.

Kemudian, pasangan pengantin bisa dengan bebas menyebarkannya. Tidak perlu khawatir bahkan jika jumlah tamu undangan sangat banyak. Karena hanya perlu satu link saja.

Bentuk Undangan Pernikahan

Seperti disebutkan dalam pengertian sebelumnya, bentuk undangan pernikahan online adalah virtual dan digital. Sedangkan, undangan cetak memiliki bentuk fisik. Hal ini membuat undangan online tidak bisa disimpan dan tidak bisa diakses jika waktu akses websitenya sudah berakhir.

Sedangkan, dengan undangan berbentuk fisik undangan bisa disimpan sebagai kenang-kenangan. Apalagi, jika bentuk undangannya menarik dan memiliki souvenir yang bisa disimpan juga.

Pengiriman Pada Tamu

Dari aspek pengiriman undangan pada para tamu, jelas lebih mudah undangan online dibandingkan dengan undangan cetak. Karena, pasangan pengantin tinggal menyebarkan link undangan online yang sudah ada di grup chat atau sosial media pada tamu tujuan.

Sedangkan, untuk undangan cetak harus diberikan atau dikirimkan langsung. Akan ada biaya tambahan lagi untuk mengirimkan undangan ke alamat yang jauh. Untuk pasangan pengantin yang mengundang banyak orang jauh. Maka, undangan online lebih cocok dan cepat.

Akses Undangan

Soal akses pada undangan sepertinya undangan cetak lebih menguntungkan dibandingkan dengan undangan online. Karena begitu didapatkan undangan cetak tinggal dibuka dan dibaca. Sedangkan, undangan online memiliki kemungkinan delay atau akses yang terganggu pada link.

Belum lagi, jika yang diundang adalah tamu orang tua yang kurang informasi mengenai akses internet dan teknologi. Semakin repot untuk mengetahui dan mengakses undangan, jika memang banyak tamu adalah orang tua ada baiknya untuk memberikan undangan cetak saja.

Penggunaan yang Undangan yang Tepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, yang paling penting adalah menggunakan bentuk undangan yang tepat. Bagi pasangan yang mengundang banyak orang dan kebanyakan adalah anak muda atau teman pengantin. Lebih praktis dan murah untuk menggunakan undangan online.

Sedangkan, bagi yang mengundang tidak terlalu banyak orang dan mengadakan pesta dengan eksklusif. Tidak ada salahnya untuk menggunakan undangan cetak dengan desain yang bagus. Dengan begitu, pernikahan akan terasa istimewa bahkan dari undangannya saja.

Kesimpulan

Jika dilihat dari pembahasan perbedaan undangan online dan cetak setiap jenis undangan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun, belum tentu jenis satu lebih baik dari jenis yang lainnya.

Hal yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan acara pernikahannya.

Bagikan artikel: