Undangan Cetak vs Undangan Online, Bagus Mana?

5/5 - (2 votes)

Terkadang, Anda berhadapan dengan situasi yang sulit di mana terdapat dua pilihan yang bisa dipilih. Bingung memilih antara undangan cetak vs undangan online, bagus mana? Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat jadi pertimbangan saat memutuskan.

Pada acara-acara tertentu khususnya pernikahan, undangan berperan penting sebagai media untuk menyampaikan pesan bahwa seseorang akan menikah. Akhir-akhir ini, muncul inovasi berupa undangan online seperti invi yang kehadirannya mulai menggantikan undangan cetak. Sebenarnya, bagus mana?

Kelebihan Undangan Cetak

Untuk menentukan sebuah keputusan, Anda perlu membandingkan terlebih dahulu pilihan-pilihan yang ada. Mana yang sekiranya paling menguntungkan atau baik untuk Anda. Undangan cetak adalah undangan kertas yang dicetak di percetakan dan mempunyai wujud fisiknya.

Berbeda dari undangan online yang berupa soft file, undangan cetak terasa lebih resmi dan formal. Namun, biaya produksinya cukup mahal bila dibandingkan dengan undangan online. Lebih lengkapnya, Anda bisa mencermati kelebihan undangan cetak berikut ini.

Meninggalkan Kesan Formal dan Resmi

Menyalurkan undangan cetak kepada kerabat keluarga atau teman untuk mengabari pesta pernikahan Anda akan terasa lebih formal dan resmi jika dibandingkan dengan undangan online. Mengapa demikian?

Karena undangan pernikahan online bisa Anda kirim melalui media sosial tanpa bertemu, sedangkan undangan cetak perlu langsung disampaikan ke tangan penerimanya. Jadi, Anda seolah-olah menghormati calon tamu yang diundang ke pesta pernikahan tersebut.

Apalagi, pernikahan adalah momen sakral yang menyatukan dua insan untuk melepaskan status lajangnya menuju status pasangan suami istri baru. Memberikan undangan cetak akan membuat pernikahan Anda jadi lebih berkesan.

Reuni dengan Teman Lama

Kelebihan berikutnya dari undangan cetak yaitu Anda bisa reuni dengan teman lama baik itu dari lingkungan rumah atau sekolah. Hari pernikahan adalah hari bahagia untuk Anda sehingga Anda ingin menyampaikan informasi tersebut secara langsung kepada teman lama.

Dengan menggunakan undangan cetak, Anda bisa bertemu langsung dengan kawan-kawan lama untuk menyerahkan undangan sambil mengobrol nostalgia. Secara tidak langsung, memberikan undangan kertas fisik kepada teman sama saja seperti menjalin silaturahmi agar tetap terjaga.

Kekurangan Undangan Cetak

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihan undangan cetak, Anda perlu mengetahui juga kekurangan dari undangan fisik ini. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan jawaban atas pertanyaan undangan cetak vs undangan online, bagus mana?

Perlu Biaya Mahal

Di samping kelebihannya yang bagus, Anda perlu menyiapkan sejumlah dana untuk produksi undangan cetak. Apalagi, jika jumlah tamu undangan yang hadir cukup banyak tentunya biaya cetak undangan akan semakin besar.

Memerlukan Waktu yang Lama

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan undangan cetak, Anda perlu menyiapkannya jauh-jauh hari. Sebab, tidak semua jasa percetakan undangan bisa langsung mencetaknya sekaligus. Terutama jika pada waktu itu sedang musim orang menikah.

Usahakan untuk segera mengurus undangan pernikahan dan pastikan bahwa waktu cetak undangan tidak terlalu mepet dengan hari h supaya para tamu bisa menyesuaikan jadwal mereka.

Kelebihan Undangan Online

Undangan online atau digital adalah jenis undangan yang berbentuk soft file dan bisa Anda kirimkan melalui sosial media dengan praktis dan cepat. Berikut adalah beberapa kelebihan undangan digital yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Tidak Butuh Waktu Lama

Berbeda seperti undangan cetak yang perlu menunggu proses pencetakan, undangan online bisa dikerjakan dengan cepat. Kini, sudah banyak tersedia jasa desain undangan online baik yang gratis maupun berbayar.

Lama waktu pengerjaan undangan online tentu lebih cepat ketimbang undangan cetak. Sebab, undangan online tidak perlu melalui proses percetakan dan bisa langsung dibagikan. Tidak perlu menunggu sampai berminggu-minggu, undangan online bahkan bisa selesai dalam hitungan hari.

Harga Terjangkau

Kelebihan undangan elektronik atau digital selanjutnya adalah harganya yang terjangkau. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya percetakan kertas. Sudah banyak penyedia jasa undangan online yang menawarkan paket undangan digital dengan harga terjangkau dan hasil berkualitas.

Selain itu, undangan cetak semakin mahal biayanya jika tamunya banyak. Sedangkan undangan online, mau berapapun tamunya yang perlu Anda bayar hanyalah jasa pembuatan undangannya saja.

Lebih Mudah dan Fleksibel

Mempersiapkan pernikahan tentunya membuat Anda sibuk mengurus ini itu. Mulai dari dekorasi, make up, katering, vendor, dan lain sebagainya. Anda mungkin tidak sempat bila harus menyebarkan undangan secara fisik dari rumah ke rumah.

Oleh karena itu, menggunakan undangan digital terasa lebih mudah dan fleksibel. Sebab, Anda bisa mengirimkannya melalui pesan di sosial media.

Kekurangan Undangan Online

Review selanjutnya terkait undangan cetak vs undangan online, bahwa selain kelebihan undangan online juga mempunyai beberapa kekurangan yang membuat orang-orang berpikir kembali. Apa sajakah itu?

Terkesan Kurang Resmi

Kekurangan undangan digital adalah nuansanya yang terasa kurang resmi. Mengingat pernikahan adalah momen sakral yang sangat berarti dalam hidup. Selain itu, sebagian masyarakat masih memandang bahwa undangan online kurang resmi karena disebar melalui sosial media.

Bisa Hilang

Undangan online bisa jadi hilang meskipun tamu telah menerima pesan. Entah itu karena undangannya tertumpuk dengan media lain atau tamu tidak sengaja lupa atau menghapus pesan yang berisi undangan pernikahan itu.

Undangan Cetak vs Undangan Online, Bagus Mana?

Kalau begitu, antara undangan cetak dan undangan online, bagus mana ya? Tentu masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda. Pada artikel sebelumnya kami juga sudah membahas perbedaan undangan cetak dan online dari berbagai aspek. Silakan pilih yang paling pas dengan kemampuan dan konsep acaranya.

Bagikan artikel: