Berapa Biaya Nikah Adat Batak? Segini Rinciannya

5/5 - (88 votes)

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan adat dalam hal apapun, termasuk urusan pernikahan. Selain pernikahan adat jawa, salah satu yang menarik perhatian adalah pernikahan adat Batak dengan ciri khas dan kemeriahannya tersendiri. Namun tahukah Anda berapa kisaran biaya nikah adat Batak yang seperti itu?

Pada umumnya pernikahan adat Batak dilakukan oleh mereka yang berasal dari Suku Batak. Prosesi pernikahannya cukup panjang, tetapi setiap prosesnya begitu berarti. Tidak heran, calon pengantin harus mempersiapkan biayanya untuk menggelar pernikahan tersebut.

Mencari Tahu Kisaran Biaya Nikah Adat Batak

Bagi Anda yang ingin menggelar pernikahan dengan adat Batak, maka perlu mapan secara finansial. Bukan tanpa alasan, cukup banyak hal yang harus calon pengantin persiapkan, sehingga biaya untuk pernikahannya tentu tidak sedikit.

Dengan begitu, adat Batak dalam pernikahan dapat Anda selenggarakan sebaik mungkin tanpa kurang satu apapun. Sebagai referensi, berikut ini ada apa saja yang termasuk persiapan dalam pernikahan adat Batak dengan perkiraan biayanya.

Mahar / Sinamot

List persiapan pernikahan Batak yang pertama adalah sinamot atau uang mahar. Sinamot harus dibayarkan oleh pihak pria dengan sejumlah uang tunai untuk pihak wanita. Biayanya sendiri biasanya menyesuaikan kesepakatan sebelum proses tunangan atau disebut Martumpol.

Untuk nominalnya sendiri tentu tidak sedikit. Calon mempelai pria harus mengikuti perhitungan uang yang akan dibayarkan dengan standar perhitungan adat. Selain itu, ada juga sejumlah pertimbangan aspek yang cukup unik.

Umumnya besaran biaya sinamot dipengaruhi oleh faktor pekerjaan mempelai wanita, tingkat pendidikan, status dalam keluarga, status sosial, status kecantikan atau rupa, reputasi, dan jarak tempat tinggal keduanya. Semakin baik nilai calon wanita, otomatis kian tinggi juga biaya sinamotnya.

Kain Ulos

Biaya nikah adat Batak berikutnya terhitung untuk kebutuhan kain ulos. Sebagai informasi, ulos adalah kain khas Indonesia yang masyarakat Batak kembangkan. Kain ulos kerap masyarakat Batak pakai untuk acara penting, salah satunya pernikahan.

Dalam prosesi pernikahan adat batak, kain ulos menjadi properti penting lantaran menjadi penanda status sosial. Dengan begitu, calon mempelai pria sebisa mungkin memberikan kain ulos terbaik untuk keluarga calon mempelai wanita.

Sekedar informasi, semakin cantik sebuah kain ulos otomatis kian rumit dan detail pengerjaannya yang berpengaruh terhadap harga kain ulos tersebut. Untuk harga kain ulosnya sendiri mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per lembarnya.

Cincin Pernikahan

Dalam adat pernikahan Batak, calon pengantin juga perlu menyiapkan budget untuk cincin pernikahan. Calon pengantin bisa memilih cincin emas kuning ataupun jenis emas putih sesuai dengan keinginan masing-masing.

Besaran harga cincin pernikahan adat Batak atau adat apapun tergantung kepada bahan dan model cincin tersebut. Kisaran harga untuk sepasang cincin pengantin mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Harap pastikan bahwa Anda dan calon pasangan datang langsung ke toko cincin untuk mencari ukuran yang pas dengan jari masing-masing. Bukan itu saja, sebaiknya Anda juga bertanya apakah cincin tersebut bisa custom untuk terhindar dari ukuran yang mengecil.

Lokasi Pernikahan

Biaya pernikahan adat Batak berikutnya berkaitan dengan lokasi pernikahan. Anda bisa menggelar pesta pernikahan adat Batak di rumah dengan menyewa tenda. Pada umumnya, calon pengantin bisa menyewa tenda pernikahan satu set dengan pelaminan sekaligus dekorasinya.

Untuk menyewa tenda pernikahan, umumnya calon pengantin harus membayar biaya sekitar Rp20.000.000. Namun biayanya dapat Anda sesuaikan dengan dekorasi ataupun budget. Selain menyewa tenda, pernikahan adat Batak juga bisa calon pengantin gelar di sebuah gedung.

Estimasi biaya sewa gedung mulai dari Rp25.000.000 namun belum termasuk dekorasinya. Jika Anda ingin mendekor gedung untuk pernikahan dengan jumlah tamu sekitar 500 orang, maka perkiraan biayanya sebesar Rp15.000.000.

Baju Pengantin

Biaya nikah adat Batak yang perlu calon mempelai bayarkan berikutnya adalah baju pengantin bertema adat Batak. Oleh sebab itu, tak jarang calon pengantin mencari bahan kebaya atau baju adat Batak sesuai acara pernikahan yang diselenggarakan.

Untuk biayanya cukup beragam tergantung tingkat kesulitan mode kebaya yang Anda inginkan. Harganya sendiri mulai dari ratusan ribu sampai jutaan untuk satu kebaya. Sedangkan untuk pria biasanya membutuhkan jas yang harganya berkisar Rp1,3 jutaan per potongnya.

Dalam pernikahan adat Batak, ada juga bawahan baju pengantin yaitu songket, tumtuman, atau sedum sebagai setelan rok. Harga untuk jenis kain tersebut juga beraneka ragam mulai dari Rp600 ribuan sampai 3 jutaan dan belum termasuk biaya jahit.

Katering

Rincian biaya pernikahan untuk adat Batak yang tak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah katering. Banyak orang menyebut katering adalah salah satu bagian pernikahan yang paling menyita anggaran daripada komponen lainnya.

Apalagi jika Anda mengundang tamu dalam jumlah besar dengan balutan makanan khas Batak menjadi catering pernikahan tersebut. Tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan semakin banyak untuk menyesuaikan kebutuhan tamu undangan.

Bagi Anda yang mengundang sebanyak 500 tamu, estimasi anggaran untuk kebutuhan catering yaitu Rp 60 ribu per orang atau berjumlah Rp 30 juta. Untuk biaya kateringnya bisa lebih kecil atau justru lebih besar tergantung menu yang Anda pilih.

MUA

Tak hanya pakaian, rincian biaya pernikahan adat Batak dan adat lainnya juga mencakup MUA atau riasan pengantin. Ini merupakan salah satu yang menjadi perhatian bagi calon pengantin, terutama mempelai wanita di hari pernikahannya.

Sebab calon pengantin wanita yang menikah dengan adat Batak harus menggunakan makeup dan riasan rambut sesuai adat. Oleh sebab itu, calon pengantin perlu memilih salon terbaik dan melakukan booking jauh-jauh hari sebelum pernikahan.

Adapun estimasi biaya MUA yang perlu Anda keluarkan mulai dari Rp3.000.000. Anda dapat memilih paket riasan yang termasuk make up orang tua, sehingga tak perlu repot mencari penata rias untuk mendandani ibu, mertua, atau saudara yang berpartisipasi.

Dokumentasi

Dalam prosesi pernikahan adat Batak, dokumentasi juga sangat calon mempelai perlukan. Bukan tanpa alasan, calon pengantin tentu ingin mengabadikan momen bahagia yang hanya terjadi satu kali dalam hidup tersebut.

Biasanya banyak tersedia jasa dokumentasi yang akan memfoto ataupun merekam prosesi pernikahan adat Batak Anda. Untuk biayanya juga bervariasi sesuai paket ataupun durasi yang Anda butuhkan dalam mendokumentasikan prosesi pernikahan tersebut.

Estimasi biaya yang harus Anda keluarkan mulai dari Rp5.000.000. Dengan anggaran sebesar itu, biasanya fotografer akan mengabadikan momen pernikahan mulai dari persiapan, akad nikah, dan resepsi, dalam bentuk album foto, soft file, sampai hasil rekaman video yang sudah diedit secara profesional.

Kesimpulan

Dari artikel di atas (belum termasuk souvenir pernikahan), dapat disimpulkan rentang biaya nikah adat batak sebagai berikut:

  1. Sinamot (Mahar): Rentang harga tergantung pada faktor-faktor seperti pekerjaan, pendidikan, dan status sosial calon mempelai wanita. Kisaran harga bisa sangat bervariasi, mulai dari jumlah yang signifikan hingga puluhan juta rupiah.
  2. Kain Ulos: Harga kain ulos bervariasi tergantung pada kualitas, desain, dan detail pengerjaan. Kisaran harganya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per lembarnya.
  3. Cincin Pernikahan: Kisaran harga untuk sepasang cincin pengantin mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah, tergantung pada bahan dan modelnya.
  4. Lokasi Pernikahan: Biaya sewa tenda pernikahan berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta, sementara biaya sewa gedung dapat mencapai Rp 25 juta atau lebih, belum termasuk dekorasi.
  5. Baju Pengantin: Harga kebaya atau baju adat Batak bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan mode dan jenis kainnya. Harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
  6. Katering: Estimasi anggaran untuk katering pernikahan adat Batak berkisar antara Rp 30 juta hingga lebih, tergantung pada jumlah tamu undangan dan menu yang dipilih.
  7. MUA (Makeup Artist): Estimasi biaya untuk MUA mulai dari Rp 3 juta, tergantung pada paket yang dipilih dan jumlah layanan yang diperlukan.
  8. Dokumentasi: Estimasi biaya dokumentasi mulai dari Rp 5 juta, tergantung pada paket dan durasi layanan yang dipilih.

Total kisaran biaya keseluruhan untuk persiapan pernikahan adat Batak adalah rentang yang sangat luas, bisa berkisar dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Tergantung pada preferensi, standar, dan kebutuhan masing-masing pasangan. Total biaya keseluruhan akan sangat bergantung pada pilihan-pilihan ini dan juga vendor pernikahan yang dipilih.

Itulah pembahasan seputar rincian biaya nikah adat Batak yang perlu Anda simak dan persiapkan sejak dini. Karena biaya yang calon pengantin butuhkan tergolong banyak dan beragam, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan menabung supaya prosesi pernikahan adat Batak terealisasikan.

Bagikan artikel: