Apa Arti Venue Wedding? Simak Penjelasannya Disini!

5/5 - (10 votes)

Pernikahan adalah suatu hal membahagiakan yang menjadi awal dari fase yang baru dalam hidup seseorang. Jika membicarakan tentang pernikahan, tentunya tidak lepas dari pembahasan venue atau lokasi pernikahan. Namun, apa arti venue wedding yang sebenarnya?

Venue atau lokasi pernikahan yang terbaik bisa Anda dapatkan dengan memperhatikan beberapa hal. Sebelum itu, Anda bisa menyimak informasi tentang venue wedding berikut ini dari invi.

Arti Venue Wedding

Venue dapat diartikan sebagai lokasi atau tempat di mana orang berkumpul untuk sebuah acara yang sudah terorganisir sebelumnya. Jadi, arti venue wedding adalah lokasi berkumpulnya orang-orang dalam suatu acara pernikahan yang sudah direncanakan.

Banyak orang yang berpikiran kalau venue wedding hanya berkaitan dengan sebuah gedung saja. Hal ini tentunya tidak salah, karena memang banyak pernikahan yang dilaksanakan di gedung. Namun, dimanapun lokasinya dan bagaimanapun bentuknya, semua lokasi pernikahan disebut venue wedding.

Jenis Venue Wedding

Secara umum, ada dua jenis venue wedding yang bisa dipertimbangkan para calon pengantin, yaitu venue indoor dan venue outdoor. Jenis venue ini bisa Anda pertimbangan sesuai dengan konsep dan keinginan. Berikut adalah penjelasannya.

Venue Wedding Indoor

Venue wedding indoor bisa diartikan sebagai lokasi pernikahan yang berada di dalam ruangan. Biasanya, lokasi pernikahan ini dilaksanakan di sebuah gedung pernikahan, gedung serbaguna, hotel, dan rumah.

Venue dalam ruangan memiliki beberapa kelebihan. Pertama, tidak perlu khawatir dengan kondisi cuaca. Kedua, suhu ruangan bisa terkontrol. Ketiga, dekorasi dan konsep pernikahan bisa dimaksimalkan.

Namun, venue indoor juga memiliki kekurangan. Pertama, ruang yang cukup terbatas. Para tamu tidak memiliki area untuk bergerak yang lebih leluasa. Kedua, keterbatasan pengambilan dokumentasi. Karena venue yang terbatas, otomatis lokasi foto juga terbatas.

Venue Wedding Outdoor

Venue wedding selanjutnya adalah lokasi pernikahan yang berada di luar ruangan yang biasa disebut dengan outdoor. Biasanya, venue wedding ini berada di area wisata, taman, hotel, area sekitar rumah pengantin yang memiliki pemandangan indah.

Sama seperti venue indoor, venue outdoor juga memiliki beberapa kelebihan. Pertama, wedding outdoor memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi para tamu. Kedua, pernikahan terasa lebih intim karena biasanya untuk pernikahan dalam skala kecil dengan background foto yang indah.

Selain itu, venue outdoor juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, perubahan cuaca. Pernikahan yang berada di venom outdoor harus menyiapkan rencana cadangan apabila terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Kedua, akses dan rute menuju lokasi yang sulit.

Tips Memilih Venue Wedding

Setelah mengetahui tentang arti venue wedding dan jenisnya, Anda bisa membaca informasi tentang tips memilih venue wedding berikut.

Sesuai dengan Konsep

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memilih venue wedding adalah penyesuaian dengan konsep pernikahan. Setiap pengantin biasanya memiliki konsep pernikahan impian masing-masing yang nantinya akan disupport oleh venue.

Misalnya, untuk konsep pernikahan garden party tentunya pengantin memilih venue wedding outdoor. Lalu kemudian untuk konsep pernikahan tradisional, akan lebih baik apabila pernikahan dilaksanakan di venue indoor karena memiliki banyak prosesi dan peralatan.

Sesuaikan Budget dengan Kapasitas Venue

Hal selanjutnya yang cukup penting adalah menyesuaikan budget dengan kapasitas venue. Saat Anda merencanakan jumlah tamu yang akan diundang, jangan lupa untuk menentukan venue pernikahan yang sesuai atau muat untuk menampung keseluruhan tamu.

Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Apabila tidak sesuai, pastikan mencari venue lain dengan kapasitas yang sesuai dengan budget tersebut. Budget dan venue ini harus sesuai dengan kemampuan agar tidak menjadi beban dan masalah di kemudian hari.

Lokasi yang Mudah Dijangkau

Hal selanjutnya adalah lokasi venue yang mudah dijangkau. Akan lebih baik apabila venue pernikahan yang Anda inginkan itu berada di lokasi yang bisa diakses dengan mudah oleh semua tamu.

Anda harus mempertimbangkan rute dan akses yang nantinya akan dilalui para tamu menuju ke venue pernikahan. Selain mempertimbangkan tamu, Anda juga harus mempertimbangkan mobilitas anggota keluarga maupun para vendor pernikahan.

Fasilitas Pendukung yang Memadai

Fasilitas pendukung adalah hal kecil tapi penting yang harus dipertimbangkan. Misalnya, apakah venue wedding memiliki pendingin ruangan yang cukup untuk memberikan kenyamanan semua tamu?

Selain itu, pertimbangkan juga jumlah kamar mandi, jumlah tempat duduk yang nantinya disesuaikan dengan jumlah tamu, dan ruangan-ruangan lain yang bisa digunakan untuk tempat istirahat maupun tempat menaruh barang-barang penting seperti souvenir pernikahan.

Paket dan Biaya Tambahan yang Mungkin Ada

Biasanya sebuah tempat wedding menawarkan paket pernikahan khusus. Paket ini biasanya berisi vendor-vendor lain yang sudah bekerjasama dengan venue pernikahan. Hal ini bisa Anda pertimbangkan apabila Anda tidak ingin repot dan bisa all in dengan lokasi pernikahan.

Perhatikan pula venue pernikahan yang menjual dengan perhitungan pax. Venue pernikahan seperti ini biasanya sekaligus menyediakan catering atau makanan yang disediakan untuk para tamu sesuai dengan jumlah tamu yang diundang.

Survei langsung dan Pesan lebih awal

Venue wedding merupakan salah satu hal yang pertama dipikirkan oleh para calon pengantin. Oleh karena itu, pastikan untuk mendatangi lokasi secara langsung dan merasakan experience langsung di tempat tersebut.

Apabila sudah merasa cocok dari segi budget dan kapasitas serta fasilitas lain, Anda bisa langsung memesan value wedding tersebut lebih awal karena pada bulan-bulan tertentu banyak orang yang melangsungkan pernikahan dan rebutan terkait dengan venue wedding.

Pada akhirnya, arti venue wedding bisa diinterpretasikan sebagai lokasi pernikahan menurut preferensi masing-masing. Anda bisa memilih venue wedding di dalam maupun luar ruangan sesuai dengan konsep, budget, dan berbagai pertimbangan lain.

Bagikan artikel: