Arti RSVP Dalam Undangan, Tuan Rumah dan Para Tamu Wajib Tahu!

5/5 - (14 votes)

Acara resmi biasanya menggunakan undangan yang cukup formal untuk penyampaian informasi kepada para calon tamu, baik yang bentuk fisik maupun undangan digital. Undangan formal ini biasanya memiliki bagian-bagian yang sangat penting. Salah satunya adalah bagian RSVP. Namun, apa arti RSVP dalam undangan?

RSVP biasanya berada di bagian akhir undangan formal. Biasanya, RSVP digunakan oleh penyelenggara ataupun tuan rumah untuk mendapatkan respon dari calon tamu undangan. Lalu, bagaimana cara meresponnya?

Simak beberapa informasi berikut ini dan dapatkan jawaban dari pertanyaan Anda.

Apa Arti RSVP dalam Undangan?

Saat mendapatkan undangan, Anda pasti tidak jarang mendapati kolom RSVP di bagian akhir undangan. Secara sederhana, arti RSVP dalam undangan adalah konfirmasi kehadiran penerima undangan kepada tuan rumah yang mengundang.

RSVP merupakan singkatan dari frasa Perancis, “Répondez s’il vous plaît”, yang berarti “reply, if it pleases you” dalam bahasa Inggris atau “respon, jika anda berkenan” dalam bahasa Indonesia. Intinya, RSVP digunakan untuk mengkonfirmasi apakah Anda bisa menghadiri undangan atau tidak.

Apa Pentingnya RSVP?

Dalam undangan formal, RSVP merupakan hal yang sangat penting. Hal ini digunakan untuk mendapatkan informasi tentang jumlah tamu yang pasti akan hadir dalam acara. Informasi jumlah tamu ini digunakan untuk persiapan dan perencanaan perjamuan yang harus disiapkan oleh tuan rumah.

Perkiraan yang cukup akurat tentang jumlah tamu sangat membantu penyelenggara atau tuan rumah untuk menentukan kebutuhan ruang makanan dan tentunya dana keseluruhan yang akan dibutuhkan. Semuanya dilakukan agar acara bisa terlaksana dengan maksimal.

Asal Usul RSVP

Pertama Kali Muncul di Perancis

RSVP pertama kali muncul pada sekitar abad ke-18 di Perancis. Pada saat itu, kalangan atas Perancis banyak mengadakan acara sosial yang sangat mewah. Acara ini merupakan kegiatan prestigious yang bahkan melibatkan urusan bisnis dan politik.

Saking pentingnya, tuan rumah harus memastikan kehadiran setiap tamu yang diundangnya. Oleh karena itu, Répondez s’il vous plaît ditulis di undangan dengan tujuan mempertegas pentingnya konfirmasi kehadiran.

Tersebar ke Inggris

Pada abad ke-19, para kalangan atas Inggris juga mulai mengadaptasi praktek RSVP ini. Mereka mulai menggunakan istilah bahasa Inggris ini untuk meminta konfirmasi kehadiran dalam acara-acara penting. Setelahnya RSVP juga menyebar di seluruh Eropa dan tercatat dalam Oxford English Dictionary.

Namun, penggunaan istilah RSVP mulai menurun sejak awal abad ke-20. Pada masa ini, hal ini terjadi karena banyak acara sosial yang ditujukan untuk berbagai lapisan masyarakat dan bukan hanya kalangan elit saja.

Di masa modern ini, penggunaan RSVP dalam undangan memang sangatlah umum. Namun, hanya sedikit kalangan yang berpikir bahwa RSVP ini adalah hal yang penting sehingga hanya sedikit orang yang memberikan konfirmasi kehadiran dalam undangan.

Bagaimana Cara Merespon RSVP?

Berkaitan dengan arti RSVP dalam undangan, cara merespon RSVP harus disesuaikan dengan jenis undangan dan acaranya. Namun, biasanya sudah tertera dengan jelas tentang petunjuk atau cara merespon yang tepat pada setiap undangan.

Undangan Formal

Untuk undangan formal yang berbentuk surat, biasanya Anda harus merespon secara langsung dan mengirim kembali surat untuk konfirmasi kehadiran. Dalam satu paket undangan, biasanya akan disediakan kartu respon yang berisikan beberapa informasi yang harus anda lengkapi.

Anda harus menandai beberapa bagian dan mengisi dengan jelas apakah anda menerima undangan atau menolaknya. Setelah itu Anda bisa mengirimkan kembali kartu respon menggunakan amplop yang sudah disediakan.

Undangan Digital

Di era modern ini, ada pula undangan yang berbentuk digital seperti menggunakan email atau undangan online berupa laman website, contohnya undangan pernikahan digital di invi ini. Dalam hal ini anda bisa menemukan kolom RSVP atau konfirmasi kehadiran di bagian akhir undangan. Kadang ada juga yang digabung pada form doa dan ucapan.

Biasanya akan disediakan tombol atau kolom untuk konfirmasi kehadiran. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan pesan balasan melalui Link yang sudah disediakan, email balasan, maupun sosial media yang dimiliki oleh penyelenggara acara.

Pastikan untuk memberikan konfirmasi sebelum tanggal batas yang sudah ditentukan dan tercantum pada undangan yang anda terima. Juga, Anda harus mengkonfirmasi tamu tambahan yang menemani anda dalam menghadiri acara tersebut.

RSVP Telah Kembali ke Fungsi Awal

Pada awalnya, RSVP digunakan untuk mendapatkan konfirmasi kehadiran calon tamu undangan pada acara sosial formal. Acara-acara ini biasa ditujukan untuk para kalangan elit yang mengadakan acara mewah dan bergengsi.

Saat ini, penggunaan RSVP kembali ke fungsi awalnya. RSVP digunakan untuk acara-acara formal dan besar yang biasa dilaksanakan di gedung-gedung besar. Mulai dari acara sosial, pertemuan penting perusahaan, dan juga pernikahan golongan atas.

Kenapa begitu?

Acara-acara tidak formal maupun acara formal kalangan menengah kebanyakan tidak menggunakan istilah RSVP dalam undangan. Mereka hanya melakukan estimasi jumlah tamu yang datang sejumlah undangan yang mereka sebar.

Kalaupun acara tersebut membutuhkan konfirmasi kehadiran, tidak tercantum dengan jelas aturan konfirmasi yang harus kamu undangan lakukan. Kamu undangan bisa langsung menghubungi tuan rumah untuk memastikan kehadiran mereka pada acara.

Hal ini juga berbeda dengan kalangan atas yang biasa menyelenggarakan acara di gedung mewah dengan banyak printilan fasilitas seperti perjamuan dan hiburan. Biasanya hal ini membutuhkan estimasi dana dan usaha yang cukup baik agar tuan rumah tidak mengalami kerugian.

Jadi, arti RSVP dalam undangan adalah konfirmasi kehadiran. Hal ini masih digunakan sampai saat ini untuk berbagai acara formal dan acara penting lainnya yang membutuhkan estimasi perencanaan yang cukup detail.

Bagikan artikel: