7 Tips Memilih Band Pernikahan Untuk Acara yang Lebih Meriah

5/5 - (133 votes)

Resepsi pernikahan tanpa ada iringan musik dari band pernikahan, bagaikan kue tanpa krim manis. Apalagi jika Anda menggunakan undangan pernikahan digital. Suasana mungkin akan terasa hambar dan kurang terangkat. Karena itu, penting untuk mengetahui tips memilih band pernikahan yang tepat agar acara lebih meriah.

Walaupun terkesan sederhana, namun keberadaan band di acara pernikahan sangat penting. Selain itu, aspek ini tidak boleh sembarangan dipilih. Tidak hanya sekedar orang atau band yang bisa memainkan musik saja.

Namun, suasana, genre, jenis musik, sampai pembawaan penyanyi harus sesuai dengan acara. Dengan begitu, acara tidak hanya sekedar lebih meriah saja. Namun juga, terasa pas dan sesuai dengan tema acara yang ingin dibawakan.

Pentingnya Band Pernikahan

Secara umum, adanya band pernikahan pada acara resepsi sebenarnya bukan hal yang wajib. Ada sebagian orang yang mungkin merasa tidak perlu ada iringan band pernikahan. Sebagian orang, memilih untuk menggunakan perangkat stereo saja.

Adanya band pernikahan atau tidak memang merupakan kebebasan dari para calon pasangan pengantin. Namun, jika memang memutuskan untuk menggunakan band pernikahan. Keberadaannya harus dimaksimalkan.

Band pernikahan memang penting untuk mengangkat suasana pada saat acara. Apalagi, jika acara pernikahan akan dibuat dalam skala besar. Selain itu, di tempat yang luas dengan banyak tamu, maka keberadaan band pernikahan ini sangat penting, jika tidak ada suasana bisa jadi canggung.

Tips Memilih Band Pernikahan

Jika memang berada di situasi di mana band pernikahan memang dibutuhkan pada acara resepsi. Maka, ada banyak hal yang harus menjadi perhatian para calon pasangan pengantin. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, band pernikahan tidak bisa asal dipilih begitu saja.

Band harus disesuaikan dengan tema, genre, dan berbagai aspek lainnya. Dengan begitu, band pernikahan yang dipilih bisa benar-benar dimaksimalkan penampilannya selama acara resepsi pernikahan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips untuk memilih band pernikahan yang bisa jadi panduan para calon pasangan pengantin yang akan memilih:

Tentukan Konsep Pernikahan Terlebih Dahulu

Tips memilih band pernikahan dimulai dengan menentukan konsep acara pernikahan terlebih dahulu. Terutama, pada acara resepsi di mana band pernikahan banyak digunakan. Karena sebagai band yang bermain di acaranya. Sudah tentu, band harus mengikuti konsep dari acara pernikahan.

Jika konsep band dan pernikahan berbeda jauh atau tidak sesuai pasti akan terasa tidak serasi. Musik dibawakan tidak jadi membawa suasana jadi lebih nyaman untuk para tamu undangan. Sebaliknya, malah membuat suasana lebih canggung.

Memilih Genre Musik yang Diinginkan

Setelah konsep pernikahan sendiri sudah ditentukan, selanjutnya adalah pilih genre musik yang diinginkan. Seperti yang banyak diketahui, ada banyak genre musik seperti Pop, Jazz, bahkan dangdut. Jika masih bingung, Anda bisa membaca artikel rekomendasi lagu untuk pernikahan yang romantis.

Setiap para calon pasangan pengantin tentu punya selera yang berbeda. Genre musik ini tidak hanya sesuai dengan selera calon pasangan pengantin. Namun, harus disesuaikan dengan konsep acara resepsi pernikahan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Misalnya, jika pengantin memilih konsep pernikahan yang classy dan elegan, maka genre musik seperti jazz lebih sesuai daripada pop dan dangdut.

Mengecek Portofolio Band Pilihan

Tips Memilih Band Pernikahan
Foto: Hanny N Co Orchestra

Jika para calon pasangan pengantin ingin mendapatkan perkiraan tentang penampilan band. Lebih baik untuk langsung mencetak portofolio yang dimiliki oleh band. Setiap band pernikahan yang profesional pasti tidak ragu untuk memberikan portofolio ini pada calon klien.

Portofolio biasanya berupa rekaman dalam bermain musik, atau video dari acara resepsi yang pernah diisi sebelumnya. Para calon pasangan pengantin juga bisa mengecek media sosial atau situs dari penyedia jasa.

Karena biasanya, penampilan dari band pernikahan juga akan diupload. Dari portofolio tersebut, para calon pengantin bisa melihat, kira-kira bagaimana nanti penampilan band di acara resepsi. Jika memang ada layanannya, tidak ada salahnya untuk meminta band bermain secara langsung.

Perhatikan Testimoni dari Klien Sebelumnya

Selain untuk mengecek penampilan band pernikahan yang diupload di media sosial dan situs. Para calon pengantin juga bisa mengecek media sosial dan situs penyedia jasa untuk melihat testimoni klien sebelumnya. Tanggapan dari orang lain dan klien sebelumnya bisa jadi bahan penilaian penting.

Jika para calon pasangan ragu membaca ulasan secara online, bisa coba tanya ke teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa band pernikahan tersebut. Jadi, pengalaman dan testimoni yang diberikan jadi lebih jelas.

Jika para calon pasangan menggunakan jasa wedding organizer, maka bisa meminta saran dari WO mengenai kerja samanya dengan penyedia jasa band pernikahan tertentu. Jadi, para calon pasangan bisa mendapatkan review dan testimoni yang lebih jelas.

Baca Juga: 51 Ide Souvenir Pernikahan Murah yang Berguna Untuk Tamu Undangan

Tentukan Jumlah Lagu dan Jenis Lagu

Tips memilih band pernikahan selanjutnya adalah menentukan jumlah lagu dan jenis lagu yang bisa dibawakan band pernikahan dalam satu acara resepsi pernikahan. Biasanya band pernikahan punya batasannya sendiri untuk lagu yang dibawakan.

Ada juga yang tidak memberi batasan selama acara berlangsung. Selain itu, mungkin saja para calon pengantin memiliki lagu-lagu tertentu yang ingin dibawakan oleh band pada saat tertentu pada acara resepsi.

Hal tersebut perlu dibicarakan terlebih dahulu sebelum memesan jasa band pernikahan. Karena mungkin saja, band pernikahan tidak bisa menyanyikan lagu tertentu atau ada batasan lagu yang bisa dinyanyikan. Dengan begitu, para calon pasangan tidak kecewa jika band misalnya tidak bisa.

Tanyakan Mengenai Harga Jasa

Jangan ragu untuk menanyakan harga jasa dan sewa band pernikahan tersebut. Terutama, bagi para calon pasangan pengantin yang punya budget tertentu untuk sewa band pernikahan. Biasanya, semakin kompleks dan banyak lagu yang ingin dibawakan.

Maka, biaya yang dibutuhkan untuk menyewa band pernikahan akan semakin besar. Karena membutuhkan lebih banyak personel dan lebih banyak alat untuk membawakan suatu lagu yang sulit. Karena itu, pertimbangkan juga budget yang bisa disediakan.

Jika memang terbatas, lebih baik untuk mengusahakan formasi band pernikahan yang sederhana saja. Formasi band pernikahan yang paling dasar biasanya hanya terdiri dari 3 orang yaitu vokalis, gitaris, dan pemain cajon.

Diskusikan Lagi Bersama Keluarga dan Pasangan

Bagaimanapun resepsi adalah acara keluarga, di mana akan banyak tamu dari keluarga yang datang. Meminta pendapat dari keluarga dan pasangan merupakan hal yang diperlukan. Karena akan mempengaruhi suasana secara keseluruhan.

Pihak keluarga tertentu mungkin memiliki preferensi tertentu untuk membawa suasana acara resepsi. Sebagian mungkin tidak terlalu suka musik yang berisik, sebagian mungkin ingin musik yang meriah. Hal-hal seperti ini harus segera ditemukan jalan tengahnya sebelum booking band pernikahan.

Dengan tips memilih band pernikahan di atas, para calon pengantin bisa menemukan band yang ideal untuk pernikahan mereka. Jangan sampai salah memilih jenis band yang akan memeriahkan pernikahan. Bukan malah semakin meriah, band yang salah bisa malah membuat canggung acara.

Bagikan artikel: