Berapa Biaya Pernikahan Adat Bali? Mari Cari Tahu Jawabannya di Sini

5/5 - (211 votes)

Bagi sebagian besar orang, pernikahan merupakan momen bahagia dan begitu dinantikan. Apalagi banyak adat yang bisa calon pengantin gunakan dalam pernikahannya, seperti pernikahan adat sunda dan adat Bali. Jika Anda tertarik menggunakan adat tersebut, perlu mencari tahu kisaran biaya pernikahan adat Bali.

Dengan mengetahui berapa biaya untuk menggelar pernikahan adat Bali, calon pengantin bisa lebih mudah mempersiapkan budget mereka. Hal ini penting agar terhindar dari biaya yang kurang dan tidak sesuai dengan budget sang mempelai.

Berapa Kisaran Biaya Pernikahan Adat Bali?

Perlu Anda ketahui bahwa pernikahan adat Bali termasuk salah satu prosesi pernikahan yang membutuhkan biaya besar. Bahkan kabarnya biaya pernikahan tersebut menyentuh angka mulai dari 60 juta sampai 200 juta rupiah.

Namun tidak jarang saudara mempelai pengantin ikut memberikan dukungan berupa hadiah makanan dan minuman demi kelancaran pernikahan. Banyak faktor yang membuat biaya nikah adat Bali menyentuh angka fantastis.

Salah satunya karena kostum atau outfitnya yang tampak mewah seperti raja dan ratu. Bahkan hiasan kepala mempelai wanita umumnya dirias menggunakan corak emas yang menjuntai tinggi dan berbalut kostum dari songket, prada, dan sejenisnya.

Sementara itu, mempelai pria juga memakai hiasan berupa mahkota bercorak emas. Hiasan dan outfit tersebut umumnya disebut sebagai Payas Agung. Selain outfit, mempelai juga perlu mempersiapkan acara khas adat Bali dengan budget yang tidak sedikit.

Sebagai gambaran, berikut rincian biaya pernikahan dengan adat Bali yang perlu calon mempelai persiapkan:

Kisaran Biaya Venue

Untuk menggelar pernikahan dengan adat Bali, Anda perlu mempersiapkan venue acaranya. Venue sendiri menjadi salah satu aspek besar dalam anggaran biaya pernikahan. Jika menggelar pernikahan adat Bali, Anda bisa memilih di antara berbagai pilihan.

Pilihan tersebut mulai dari yang ekonomis sampai mewah. Untuk harganya juga beragam, mulai dari Rp10.000.000, sedangkan yang termahal Rp100.000.000. Biayanya bervariasi tergantung kapasitas, lokasi, dan fasilitas venue yang Anda pilih.

Biaya Dekorasi Pernikahan

Biaya dekorasi pernikahan Bali menjadi aspek lain yang perlu Anda perhatikan. Mengingat dekorasi atau view sebuah acara merupakan bagian paling penting dari sebuah pernikahan. Apalagi Anda juga harus membuat dekorasi yang khas dengan adat Bali.

Untuk biaya dekorasi pernikahan khas adat Bali juga beragam, tergantung tingkat kesederhanaan atau kemewahan acara tersebut. Biayanya sendiri mulai dari Rp5.000.000 sampai Rp50.000.000, bahkan bisa lebih.

Biaya Catering

Dalam biaya pernikahan dengan adat Bali, Anda juga perlu memperhatikan biaya untuk cateringnya. Sebab makanan merupakan bagian yang tak kalah penting dari sebuah pernikahan. Dalam adat Bali, banyak sekali menu makanan yang bisa Anda pilih untuk disajikan ke tamu.

Adapun biaya catering pernikahan dengan adat Bali juga beragam tergantung bahan makanan dan banyaknya tamu yang datang. Biayanya sendiri mulai dari Rp150.000 sampai Rp500.000 per tamu undangan Anda.

Biaya untuk Adat Bali

Karena memilih menikah dengan adat Bali, tentu ada biaya lain yang perlu Anda persiapkan khusus untuk adat tersebut. Umumnya biaya satu ini sudah terdapat rincian tersendiri untuk melancarkan prosesi adat Bali dalam pernikahan.

Untuk biaya berkisar Rp5.000.000 sampai Rp10.000.000 dan bisa lebih tergantung keinginan atau kebutuhan pengantin. Biaya tersebut mencakup pemangku atau Imam Bali, sesaji untuk upacara dalam pernikahan, rindik, dan lainnya.

Pakaian

Dalam biaya pernikahan adat Bali, item yang tak kalah penting adalah pakaian. Adapun pakaian di sini yaitu baju pengantin sepasang, seragam untuk keluarga, seragam bridesmaid, serta pakaian untuk dua gadis bunga kostum Bali.

Kisaran biayanya cukup fantastis, untuk baju pengantin sekitar Rp20.000.000, seragam keluarga Rp300.000 per orang, bridesmaid Rp300.000 per orang, dan dua gadis bunga Rp300.000. Biaya tersebut menyesuaikan bahan pakaian, motif, serta banyaknya orang yang datang.

Mahar dan Cincin Pernikahan

Selain beberapa poin di atas, biaya yang harus Anda bayarkan jika ingin menikah dengan adat Bali adalah biaya untuk mahar serta cincin pernikahannya. Kedua biaya tersebut biasanya menyesuaikan kesanggupan dan ketersediaan budget mempelai pria.

Umumnya biaya mahar pernikahan dengan adat Bali mulai dari Rp5.000.000 dan bisa lebih dari kisaran biaya tersebut. Sementara itu, biaya cincin pernikahan dengan adat Bali berkisar Rp5.000.000 atau lebih.

Biaya Lain-Lain

Dalam biaya pernikahan dengan adat Bali, mempelai pengantin juga perlu mengeluarkan biaya lain-lain. Biaya tersebut mencakup biaya pernikahan di KUA yang kisarannya mulai dari Rp600.000 tergantung hari dan waktu diselenggarakan pernikahannya.

Kemudian ada juga biaya pernikahan untuk souvenir, transportasi, dan lainnya. Untuk souvenir pernikahan biayanya mulai dari Rp2.000.000 dan transportasi menyesuaikan lokasi acara berlangsung.

Tips Menghemat Biaya Pernikahan dengan Adat Bali

Prosesi Pernikahan Adat Bali
Foto : shutterstock

Jika biaya prosesi pernikahan adat Bali tersebut Anda rasa berat, tidak perlu risau. Sebab ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya pernikahan dengan adat Bali. Berikut ini ada sejumlah tips menghemat biaya nikah dengan adat Bali untuk Anda ikuti:

Memilih Vendor yang Tepat

Tips pertama untuk menghemat biaya pernikahan dengan adat Bali adalah memilih vendor paling tepat. Banyak sekali vendor pernikahan yang menawarkan paket nikah adat Bali dan dapat menyesuaikan budget calon pengantin.

Sebaiknya Anda memilih vendor dengan reputasi baik serta harga yang wajar. Dengan begitu, Anda bisa mendapat layanan persiapan pernikahan terbaik tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi walaupun menggunakan adat Bali.

Memesan Venue dari Jauh-Jauh Hari

Tips berikutnya untuk menghemat biaya pernikahan yang menggunakan adat Bali berkaitan dengan venue. Untuk menghemat budget menikah, Anda perlu memesan venue pernikahan sejak jauh-jauh hari sebelum hari H.

Dengan memesan venue sejak jauh-jauh hari, Anda akan mendapat penawaran terbaik. Apalagi banyak tempat yang menawarkan potongan harga atau diskon kalau Anda memesan venue beberapa bulan sebelum pernikahan.

Mengirim Undangan Berbentuk Digital

Salah satu hal yang membuat biaya pernikahan dengan adat Bali menelan biaya besar adalah undangan. Sebab jika Anda membuat undangan dengan desain yang cantik dan menyebarkannya ke kerabat, maka akan menelan biaya besar.

Untuk mengatasinya, maka Anda bisa membuat undangan berbentuk digital atau yang biasanya disebut dengan undangan pernikahan online. Ini merupakan cara modern dan paling efisien untuk mengundang tamu. Dengan mengirim undangan digital, maka Anda bisa menghemat biaya pernikahan adat Bali sekaligus menjaga lingkungan.

Memilih Dekorasi yang Sederhana

Memang dekorasi adalah hal yang cukup penting dalam sebuah pernikahan, termasuk dengan adat Bali. Tetapi tak ada salahnya Anda memilih untuk menggunakan dekorasi yang sederhana untuk pernikahan tersebut.

Walaupun dekorasi sederhana, bukan berarti pernikahan Anda menjadi kurang cantik. Sebab dengan memilih dekorasi sederhana dan elegan, Anda dapat menghemat biaya tanpa harus kehilangan estetika pernikahan tersebut.

Kesimpulan

Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa biaya pernikahan adat Bali bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti venue, dekorasi, catering, adat Bali, pakaian, mahar, cincin, dan biaya lain-lain. Berikut adalah rentang harga untuk setiap aspek yang perlu dipersiapkan:

AspekRentang Harga
VenueRp 10.000.000 – Rp 100.000.000
Dekorasi PernikahanRp 5.000.000 – Rp 50.000.000
CateringRp 150.000 – Rp 500.000 per tamu undangan
Adat BaliRp 5.000.000 – Rp 10.000.000
Pakaian– Baju pengantin: Rp 20.000.000
– Seragam keluarga Rp 300.000 per orang
– Seragam bridesmaid: Rp 300.000 per orang
– Kostum gadis bunga: Rp 300.000 per orang
MaharMulai dari Rp 5.000.000
CincinMulai dari Rp 5.000.000
Biaya Lain-Lain– Biaya pernikahan di KUA: Mulai dari Rp600.000
– Souvenir pernikahan: Mulai dari Rp2.000.000
– Transportasi: Menyesuaikan lokasi acara berlangsung
Estimasi biaya pernikahan adat bali

Dengan mengetahui rentang harga untuk setiap aspek ini, calon pengantin dapat lebih baik mempersiapkan anggaran mereka dan menghindari biaya yang tidak terduga.

Informasi tentang biaya pernikahan adat Bali di atas bisa membantu Anda mempersiapkan budget sebelum menikah. Dengan begitu, Anda tak perlu kehabisan uang atau kekurangan dana ketika menggelar acara pernikahan tersebut.

Bagikan artikel: