12 Tips Memilih Gedung Pernikahan yang Sempurna

5/5 - (129 votes)

Gedung pernikahan merupakan hal yang harus jauh-jauh hari dipertimbangkan oleh calon pengantin karena memerlukan banyak pertimbangan dan penyesuaian saat memilihnya. Oleh karena itu, berikut adalah sedikit definisi tentang gedung pernikahan dan beberapa tips memilih gedung pernikahan impian dari invi.

Gedung Pernikahan

Gedung pernikahan merupakan sebuah tempat dengan kapasitas besar yang biasa digunakan sebagai tempat, lokasi, atau venue pernikahan. Gedung pernikahan ini bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi calon pengantin yang mungkin tidak memiliki lokasi pernikahan yang memadai.

Gedung pernikahan ini memiliki banyak sekali pilihan. Mulai dari hotel berbintang, ballroom khusus pernikahan, restoran, gedung serbaguna, dan masih banyak gedung lainnya. Calon pengantin bisa menyesuaikan gedung yang akan disewa dengan lokasi, budget, kapasitas, dsb.

9 Tips Memilih Gedung Pernikahan Impian

Berikut adalah beberapa tips yang bisa calon pengantin gunakan untuk memilih gedung pernikahan untuk mewujudkan dream wedding.

Tentukan Konsep Pernikahan

Tentukan Konsep Pernikahan

Tips yang pertama adalah menentukan konsep pernikahan. Sebelum merencanakan printilan pernikahan lainnya, tema atau konsep pernikahan menjadi dasar utama rencana pernikahan itu dibuat.

Konsep pernikahan juga cukup beragam. Ada yang konsep pernikahannya outdoor atau di luar ruangan sehingga tidak membutuhkan gedung dengan kapasitas yang besar. Namun, ada pula konsep pernikahan indoor dengan banyak tamu yang membutuhkan banyak tempat.

Pastikan konsep pernikahan sudah ditentukan sejak awal sehingga mempermudah proses pemilihan gedung pernikahan. Setelah menentukan konsep pernikahan, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan undangan pernikahan digital yang sesuai dengan tema dan memudahkan dalam penyebaran undangan.

Budgeting

Tips selanjutnya adalah budgeting atau penganggaran sebagian dana pernikahan khusus untuk gedung. Tentunya kita tidak ingin biaya yang dikeluarkan untuk acara pernikahan membengkak menjadi di luar kemampuan. Karena itu pula, budgeting adalah hal yang penting.

Sisihkan sejumlah uang khusus untuk menyewa gedung pernikahan dengan batas minimal dan maksimal. Biasanya, harga sewa gedung ini juga dipengaruhi dengan tanggal booking dan vendor lain yang menjadi rekan gedung.

Selain menganggarkan sejumlah uang, periksa juga terkait dengan ketentuan pembayaran dan pelunasan. Mulai dari DP, berapa kali cicilan, hingga tanggal dan nominal terakhir yang harus dilunasi setelah pernikahan berlangsung.

Seringkali, hal-hal terkait penganggaran dan pembayaran gedung menjadi hal yang bermasalah di akhir. Jadi, pastikan untuk memeriksa segalanya secara detail dan menghitung dengan cermat.

Minta Rekomendasi dan Review

Tips memilih gedung pernikahan yang ketiga adalah meminta rekomendasi dan review. Apabila kita mencari gedung pernikahan melalui internet atau channel dari wedding organizer, kita pasti hanya mendapatkan informasi yang baik saja.

Hal ini cukup berbeda dengan mendapatkan rekomendasi dan review. Orang-orang terdekat kita pasti akan memberikan ulasan yang jujur dan sesuai dengan kenyataan. Mereka biasanya akan menjelaskan sisi positif dan negatif dari gedung pernikahan yang dulunya mereka pakai.

Oleh karena itu, meminta rekomendasi dan review bisa menjadi cara jitu untuk mengetahui kondisi gedung yang sebenarnya.

Sesuaikan Ketersediaan Berdasarkan Tanggal Pernikahan

Hal yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan ketersediaan gedung berdasarkan tanggal pernikahan. Hal ini juga sering terjadi. Banyak calon pengantin yang berniat menyewa gedung untuk tanggal pernikahan mereka tetapi gedung tersebut sudah disewa.

Akhirnya, calon pengantin harus menyesuaikan tanggal pernikahan berdasarkan ketersediaan gedung atau mencari gedung lain yang tidak disewa pada saat tanggal tersebut.

Hal-hal seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara merencanakan pernikahan dari jauh-jauh hari. Pastikan sudah tidak ada kemungkinan perubahan tanggal pernikahan sehingga lebih mudah untuk menyewa gedung sejak lama.

Atau calon pengantin bisa lebih fleksibel dengan mengganti tanggal pernikahan apabila gedung pernikahan benar-benar menjadi impian calon pengantin.

Kapasitas Gedung Harus Memadai

Kapasitas Gedung Harus Memadai

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kapasitas gedung. Tentunya calon pengantin menginginkan seluruh tamu bisa mendapatkan jamuan dan tempat yang nyaman selama datang ke acara pernikahan.

Pastikan untuk menghitung estimasi tamu yang datang secara detail. Apabila calon pengantin menyebar 1000 undangan, jumlah tamu yang datang bisa diasumsikan dua kali lipat dari undangan tersebut karena biasanya setiap tamu membawa pasangan atau keluarga.

Dari perhitungan ini, calon pengantin bisa mengira-ngira mana gedung pernikahan yang bisa mengakomodasi seluruh tamu yang akan datang. Calon pengantin bisa memilih gedung dengan kapasitas besar atau memilih gedung dengan kapasitas kecil tetapi dengan sistem shift.

Lokasi Gedung yang Efisien

Tips memilih gedung pernikahan selanjutnya adalah lokasi gedung yang efisien. Kebanyakan calon pengantin memilih gedung pernikahan yang lokasinya tidak jauh dari kediaman keluarga. Memilih gedung yang dekat bisa menghemat waktu perjalanan sehingga lebih efektif dan efisien.

Keuntungan ini tidak hanya didapatkan oleh calon pengantin dan keluarga saja, tetapi juga para tamu. Para tamu undangan tentunya tidak akan kerepotan juga apabila gedung pernikahan berada di lokasi yang dekat atau strategis.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung gedung juga tidak kalah penting. Setiap gedung pernikahan yang bisa disewa memiliki banyak fasilitas lain yang bisa calon pengantin pertimbangkan. Misalnya, area parkir yang luas, toilet, pendingin ruangan, jumlah kursi, ruang transit pengantin, dan lain-lain.

Walaupun terdengar sepele, fasilitas ini bisa menjadi hal yang cukup krusial karena bisa memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi pengantin, keluarga, maupun para tamu yang datang. Saat mengecek fasilitas gedung, pastikan ada ruang yang cukup untuk menata souvenir pernikahan murah yang ingin Anda bagikan kepada tamu.

Cek Rekanan Gedung

Selanjutnya adalah mengetahui vendor lain yang menjadi rekan gedung tersebut. Biasanya, setiap wedding organizer memiliki gedung-gedung yang sudah bermitra dengan mereka sehingga calon pengantin bisa mendapatkan harga khusus.

Gedung-gedung tersebut juga biasanya memiliki rekan vendor yang lain seperti vendor dokumentasi, catering, souvenir, hiburan, dan masih banyak vendor lainnya. Apabila vendor rekanan dirasa cocok, calon pengantin tentunya bisa mendapatkan banyak benefit.

Apabila dirasa tidak cocok, calon pengantin bisa mencari vendor lain secara mandiri. Hal ini tentunya diperbolehkan karena setiap pengantin pasti memiliki dream wedding yang ingin mereka realisasikan.

Ada kalanya, pihak gedung tidak memperbolehkan pengantin untuk mendapatkan vendor lain selain rekanan vendor mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk menanyakan fleksibilitas terkait dengan hal ini kepada pihak gedung yang akan disewa.

Survei Langsung dan Pesan Sesegera Mungkin

Apabila sudah memiliki gedung incaran, tips memilih gedung pernikahan yang terakhir adalah survei langsung. Semua hal yang calon pengantin dia di sosial media atau katalog itu bisa menjadi hal yang berbeda apabila dilihat secara langsung.

Oleh karena itu, calon pengantin perlu melihat secara langsung bagaimana penampakan gedung dari luar, bagian dalam, fasilitas, dan merasakan feel-nya tersendiri apakah gedung tersebut cocok untuk acara pernikahan impian.

Perhatikan Aspek Keamanan dan Kenyamanan

Keamanan dan kenyamanan gedung adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Pastikan gedung pernikahan memiliki sistem keamanan yang baik, seperti pintu darurat, sistem pemadam kebakaran, dan penunjuk arah evakuasi.

Selain itu, perhatikan kenyamanan tamu dengan memastikan gedung memiliki ventilasi yang baik, AC yang memadai, dan tempat duduk yang nyaman. Ini semua akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi tamu undangan dan membuat acara Anda berjalan lancar tanpa hambatan.

Pertimbangkan Dekorasi dan Tata Letak

Pertimbangkan Dekorasi dan Tata Letak

Setiap gedung memiliki karakteristik yang berbeda, dan hal ini perlu diperhatikan saat memilih gedung pernikahan. Pertimbangkan bagaimana dekorasi dan tata letak bisa disesuaikan dengan gedung tersebut.

Beberapa gedung mungkin memerlukan dekorasi yang lebih sederhana karena sudah memiliki interior yang indah, sementara gedung lainnya mungkin memerlukan sentuhan dekorasi lebih untuk mencapai tampilan yang diinginkan. Pastikan juga tata letak gedung memungkinkan alur acara berjalan dengan baik, seperti area panggung, tempat makan, dan ruang untuk tamu bergerak.

Fleksibilitas dalam Penyesuaian Waktu

Gedung pernikahan yang fleksibel dalam hal waktu juga bisa menjadi nilai tambah. Ada baiknya jika Anda memilih gedung yang memberikan kelonggaran waktu dalam hal persiapan sebelum acara dimulai dan penyelesaian setelah acara berakhir.

Hal ini sangat penting, terutama jika Anda membutuhkan waktu lebih untuk dekorasi atau ada acara tambahan seperti upacara adat sebelum resepsi. Fleksibilitas waktu ini akan membantu mengurangi stres pada hari pernikahan dan memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Kesimpulan

Tentunya, setiap calon pengantin menginginkan pernikahan impian mereka terealisasikan di gedong yang sesuai. Oleh karena itu diperlukan kerjasama banyak pihak mulai dari calon pengantin, keluarga masih banyak pihak lainnya. Tips memilih gedung pernikahan ini tidak akan ada artinya apabila komunikasi antara berbagai pihak tersebut tidak berjalan dengan lancar dan tidak mencapai kata kesepakatan. Pastikan komunikasi menjelang pernikahan lancar dan bisa mewujudkan pernikahan impian.

Bagikan artikel: