7 Tips Memilih Catering Pernikahan Anti Ribet!

5/5 - (175 votes)

Jasa catering merupakan salah satu bagian dari acara pernikahan yang sangat penting. Jasa ini akan membantu pengantin untuk menyediakan suguhan untuk seluruh tamu undangan pernikahan. Tentunya kita membutuhkan tips memilih catering pernikahan agar bisa menjamu para tamu dengan maksimal.

Apa itu Jasa Catering?

Jasa catering adalah sebuah istilah atau penyebutan untuk jasa pemesanan berbagai makanan dan minuman. Jasa ini biasanya digunakan memenuhi kebutuhan konsumsi berbagai acara seperti hajatan, tahlilan, dan masih banyak lagi.

Skalanya juga cukup bervariasi. Mulai dari makanan ringan, hingga set makanan berat dan minuman. Beberapa jasa catering bahkan menyediakan peralatan makan, pelayan, dan jasa pembersihan sekaligus demi kelancaran acara.

7 Tips Memilih Catering Pernikahan

Saat akan menggunakan sebuah jasa catering untuk acara pernikahan, Anda bisa menggunakan beberapa cara dari invi berikut ini agar acara bisa berjalan dengan lancar dengan bantuan jasa gathering yang maksimal untuk menjamu tamu.

Menentukan Tanggal dan Lokasi

Tips memilih catering pernikahan yang pertama dan utama adalah menentukan tanggal dan lokasi pernikahan. Tanggal dan lokasi pernikahan merupakan hal yang sangat penting karena berpengaruh terhadap jumlah jenis makanan yang akan dihidangkan.

Tanggal dan lokasi ini menjadi modal awal kita untuk mengumpulkan informasi tentang catering yang tersedia atau bisa kita gunakan jasanya. Pastikan tanggal yang Anda pilih tidak bentrok atau bersamaan dengan pengantin lain yang menggunakan jasa catering yang sama.

Terkait dengan lokasi, pernikahannya berlokasi di gedung memiliki kecenderungan yang tinggi untuk menggunakan jasa catering yang memang sudah bekerja sama dengan gedung yang dipesan.

Jadi, beberapa hal tersebut harus Anda pastikan terlebih dahulu sebelum mungkin menginginkan jasa catering lain agar tidak menjadi konflik di kemudian hari.

Budgeting

Hal terpenting selanjutnya adalah budgeting atau penganggaran sejumlah dana khusus untuk catering pernikahan. Pastikan untuk memiliki anggaran yang cukup untuk biaya pernikahan termasuk untuk membayar jasa catering.

Anggaran merupakan sebuah perencanaan yang juga menjadi patokan bagi calon pengantin agar tidak mengeluarkan uang lebih dari kemampuan yang sudah ditentukan sebelumnya karena nantinya akan banyak hal lain yang juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pastikan sejumlah uang yang Anda anggarkan telah melalui perhitungan yang cukup mendekati jumlah tamu undangan yang nantinya akan dijamu dengan maksimal pada saat acara pernikahan berlangsung.

Penghitungan ini tentunya harus diberi sekian pax untuk cadangan apabila ada peningkatan jumlah tamu undangan secara tiba-tiba. Sebisa mungkin, penghitungan dan penganggaran awal tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan hari-H pernikahan.

Hal ini dikarenakan semakin banyak tamu yang diundang tentunya kita mengeluarkan semakin banyak biaya untuk memaksimalkan jasa catering pada saat pernikahan.

Cari Informasi dan Survei

Tips memilih catering pernikahan yang selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak mungkin dan lakukan survei. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan informasi terkait jasa catering pernikahan.

  • Pertama, meminta rekomendasi dari teman atau saudara yang menggunakan jasa catering dalam pernikahan mereka. Rekomendasi ini bisa menjadi cara yang paling efektif karena didasarkan pada pengalaman yang sebenarnya dari pengguna jasa catering.

Kebanyakan dari mereka akan memberikan review yang jujur dan bahkan menjelaskan tentang plus minus dari jasa catering yang sudah mereka gunakan sebelumnya. Beberapa bahkan bisa memberikan Anda estimasi biaya dan tips yang sangat berguna.

  • Kedua, mengumpulkan informasi secara manual maupun melalui internet. Anda bisa memaksimalkan alat komunikasi yang dipunya untuk menghubungi jasa catering yang membuat Anda tertarik.

Cara memilih catering pernikahan juga bisa dengan melihat di berbagai sosial media yang mereka memiliki. Setelah mendapatkan beberapa jasa katering yang mungkin menarik, Anda bisa menanyakan tentang daftar harga.

Bisa juga dengan pilihan menu makanan dan minuman, tanggal available, dan informasi lainnya. Segera eliminasi apabila ada jasa catering yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah eliminasi dilakukan, Anda bisa melakukan survei langsung dengan mendatangi jasa katering yang membuat Anda tertarik.

Cek Pilihan Menu

Tips Memilih Catering Pernikahan

Salah satu informasi terpenting yang harus Anda perhatikan adalah pilihan menu yang ditawarkan oleh jasa catering. Anda tentunya harus mempertimbangkan menu-menu apa saja yang nantinya akan disuguhkan selama acara.

Semakin banyak maka semakin baik, ini bisa jadi catering pernikahan mewah. Semakin banyak menu yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk memberikan suguhan terbaik yang sesuai dengan selera para tamu yang tentunya beragam.

Makan lebih baik apabila Anda memilih jasa katering dengan 7 hingga 8 pilihan menu dengan kategori yang berbeda agar bisa menjangkau seluruh keinginan para tamu. Pilih juga menu-menu yang sekiranya masuk dan cocok untuk semua orang.

Lihat Cara Kerja Karyawan

Setelah mengecek pilihan menu yang ditawarkan, pastikan untuk melihat cara kerja karyawan. Mulai dari proses memasak, penyajian, hingga pelayanan. Pastikan jasa katering memiliki alur kerja yang rapi dan teratur agar bisa terkoordinir dengan baik selama acara berlangsung.

Anda juga harus memperhatikan kebersihan dengan seksama. Mulai dari kebersihan peralatan yang digunakan, pengolahan dan kebersihan bahan baku, hingga kerapian dan kebersihan saat menyajikan makanan.

Perhatikan juga keramahan pelayanan dari karyawan jasa katering. Pelayanan dan koordinasi yang baik bisa memberikan nilai plus terhadap jasa gathering. Walaupun nantinya ada masalah, masalah bisa cepat teratasi dengan SOP yang terkoordinir dan pelayanan yang baik.

Test Food

Tips memilih catering pernikahan selanjutnya adalah melakukan test food. Test food merupakan kegiatan persiapan catering yang bisa dilakukan oleh pengantin maupun keluarga dengan cara mencicipi pilihan menu yang akan disajikan nantinya.

Selama test food, tentunya Anda harus memastikan bahwa rasa makanan yang disajikan enak dan sesuai dengan standar. Pastikan juga, jasa catering menyediakan makanan dengan dalam jumlah yang tepat, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak untuk setiap porsinya.

Test food ini juga bisa digunakan sebagai sarana diskusi antara pengantin, keluarga dan jasa katering apabila ada menu-menu yang sekiranya tidak sesuai dengan selera atau bahkan diganti dengan menu lainnya.

Inti dari kegiatan ini adalah memastikan bahwa nantinya tamu akan mendapatkan makanan yang enak dan dijamu dengan maksimal.

Diskusikan Harga, Diskon, dan Metode Pembayaran

Hal terakhir yang paling penting juga adalah berdiskusi mengenai harga dan metode pembayaran, bahkan kemungkinan diskonnya bisa Anda dapatkan.

Walaupun biasanya setiap jasa katering memiliki daftar harga yang sudah ditentukan sebelumnya, perhitungan pasti memiliki sedikit banyak perbedaan apalagi terkait dengan jumlah undangan yang berpengaruh dengan biaya yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu, mendiskusikan mengenai harga ini merupakan hal yang esensial dan harus dilakukan sejelas mungkin. Pastikan juga metode pembayaran sesuai dengan kesepakatan dan perhatikan pula tanggal pelunasan yang mungkin dilakukan nantinya. Karena kita juga harus menyiapkan souvenir pernikahan yang berguna untuk tamu.

Tanyakan pula apabila ada kemungkinan diskon yang mungkin bisa anda dapatkan untuk menghemat biaya yang Anda keluarkan untuk jasa catering ini.

Kesimpulan

Anda bisa mempraktekkan atau menggunakan tips memilih catering pernikahan di atas untuk perhitungan catering pernikahan agar memperlancar acara, sekaligus bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk pernikahan Anda.

Selalu diskusikan juga bersama dengan pasangan dan keluarga terkait pengambilan keputusan yang cukup besar agar tidak terjadi miskomunikasi yang memperlambat atau bahkan menghambat proses persiapan pernikahan.

Referensi:

  • https://www.sayyesido.com/post/tips-memilih-catering-pernikahan
  • https://www.finansialku.com/perencana-keuangan/memilih-katering-pernikahan/
Bagikan artikel: