10 Destinasi Bulan Madu Murah, Hemat Tapi Memorable

5/5 - (199 votes)

Penting untuk jaga keuangan agar tetap sehat pasca momen pernikahan, oleh sebab itu destinasi bulan madu murah bisa jadi pilihan terbaik. Terlebih, pengeluaran biaya bukan hanya untuk tempat saja, tapi juga transportasi, penginapan, makanan, dan lain sebagainya. Selain itu, agar persiapan pernikahan lebih efisien, pertimbangkan menggunakan undangan pernikahan digital yang praktis dan hemat biaya.

Destinasi Bulan Madu Murah Dalam dan Luar Negeri

Indonesia sendiri punya banyak wisata yang bagus dengan harga miring yang bisa buat momen honeymoon semakin indah. Namun, bukan hanya dalam negeri, destinasi luar negeri pun juga ada yang masih terjangkau. Cek 10 tempat honeymoon murah dan bagus berikut!

Kawasan Wisata Karimunjawa

Kawasan Wisata Karimunjawa
Foto: IG @jatengscenery

Kawasan Wisata Karimunjawa bisa jadi tempat honeymoon terdekat untuk Anda yang berdomisili di Jawa Tengah, sekaligus menawarkan kawasan wisata alam yang menawan. Lautan biru & hamparan pasir putihnya tak kalah memesona dengan pantai-pantai ketika Anda memilih paket honeymoon Bali.

Estimasi biaya untuk bulan madu di kawasan wisata Karimunjawa mulai dari 3 juta rupiah. Jika Anda berdomisili di Jawa Tengah dan berangkat mandiri biayanya bisa lebih ‘miring’ lagi. Penginapan di sekitar wisata juga masih terjangkau, banyak yang mematok harga 200-500 ribu per malam.

Selain itu, pilihan wisatanya juga memiliki harga tiket masuk yang murah, mulai Rp5.000-Rp.50.000 saja, Anda bisa coba mangrove tracking, menikmati pemandangan laut biru yang indah dengan snorkling, serta menikmati sunset romantis di Pantai Tanjung Gelam.

Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan juga menawarkan keindahan pantai yang eksotis, cocok untuk Anda yang baru menikah dan mencari suasana bulan madu yang tenang dan romantis. Estimasi biaya yang perlu Anda siapkan mulai dari Rp8.000.000 rupiah selama 3 hari 2 malam.4

Tiket ke Lombok sendiri dari Surabaya mulai dari 900 ribu, sedangkan dari Jakarta mulai dari 1,5 juta. Aktivitas yang bisa dicoba di Gili Trawangan adalah snorkeling, mengunjungi tempat konservasi penyu, menyewa sepeda, dan lain sebagainya.

Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo, Jawa Timur

Berwisata di Gunung Bromo bisa jadi pilihan destinasi bulan madu murah di Jawa Timur. Anda bisa mendaki gunung Bromo, menyewa jeep untuk mengelilingi lautan pasir, mengunjungi kawah Bromo, dan menikmati sunrise.

Gunung Bromo memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah, menyewa penginapan di sekitarnya tentu akan memberikan pengalaman terbaik untuk bulan madu. Tiket  masuk wisata sendiri sekitar Rp100.000 per orang.

Anda bisa menekan biaya lagi dengan memilih penginapan di sekitar Bromo yang juga murah, mulai Rp350.000 per malam. Selain itu, untuk berpetualang dengan naik Jeep di Bromo harganya mulai Rp500.000.

Bulan Madu Murah di Yogyakarta

Bulan Madu Murah di Yogyakarta

Rekomendasi destinasi bulan madu murah lainnya adalah di Yogyakarta. Yogyakarta memiliki banyak daya tarik, sebagai wisata budaya yang sangat kental, wisata alam, hingga wisata kuliner. Anda bisa menyewa sepeda motor dengan harga terjangkau mulai Rp50.000 untuk berkeliling Yogyakarta.

Banyak penginapan murah yang bisa dipilih dengan fasilitas yang juga lengkap dan menarik. Beberapa kawasan yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta adalah berbagai candi, Taman Sari, Pantai Parangtritis, Kalibiru, Tebing Breksi, kawasan Malioboro, Kawasan Kotagede, dan lain-lain.

Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole

Grafika Cikole jadi salah satu pilihan tempat honeymoon yang murah dan bagus di Bandung. Wisata yang berada di kawasan Lembang ini memiliki pemandangan alam yang indah dan berbagai wahana permainan.

Selain itu, udaranya juga sejuk. Cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama pasangan. Lokasi wisata ini berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu No. Km 8, Cikole. Anda bisa menginap di glamping di tengah hutan pinus yang tenang.

Anda bisa menginap dengan nyaman di glamping yang memiliki fasilitas lengkap. Selain itu, terdapat restoran yang menyediakan berbagai menu. Ketika malam hari, ada wahana tour hutan Mycelia, ada lampu warna-warni yang cantik nan estetik.

Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai Ora, Maluku menawarkan penginapan dan keindahan alam laut yang indah, mirip dengan Maldives. Penginapan memang berkisar Rp1.000.000. Namun, itu sesuai dengan fasilitas dan keindahan yang akan Anda dapatkan.

Lautan hijau kebiruan yang jernih membuat Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang jelas, banyak terumbu karang yang indah dan beragam, serta ikan yang beragam pula. Selain itu, Anda bisa menyewa speed boat untuk berkeliling.

Penang, Malaysia

Pilih paket honeymoon luar negeri pun masih bisa dengan harga terjangkau, salah satunya ke Penang, Malaysia. Anda bisa berwisata ke Penang Hill atau juga dikenal sebagai Bukit Bendera untuk menikmati pemandangan .kota Georgetown dari atas ketinggian yang sejuk.

Selain itu, Anda bisa seharian berkeliling kota tua Georgetown. Selain berwisata alam dan kota tua, Anda bisa mencoba berbagai kuliner Penang, seperti asam laksa, char kway teow yang populer di Pulau Penang, atau masakan klasik Malaysia, nasi Kandar.

Palawan, Filipina

Palawan, sering disebut sebagai ‘The Last Frontier of the Philippines’ merupakan destinasi bulan madu yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Pulau ini terkenal dengan pantai berpasir putih yang halus, air laut jernih dengan terumbu karang yang menawan.

Beberapa wisata diantaranya adalah El Nido, sebuah pantai dengan laguna tersembunyi, tebing kapur, dan pulau kecil yang eksotis. Selain itu, bisa coba tur perahu di Puerto Princesa yang merupakan sungai bawah tanah sekitar 5 mil dan gua yang indah

Phuket, Thailand

Ide bulan madu murah ke luar negeri juga bisa ke Phuket yang merupakan pulau terbesar di Thailand. Ada banyak pantai indah dengan suasana romantis, serta penginapan mewah. Pantai yang bagus diantaranya Patong, Kamala, dan Kata. 

Anda bersama pasangan bisa menikmati pantai dan sunset, spa couple, hingga makan malam romantis di tepi pantai. Anda juga bisa coba wisata kuliner Thailand, mulai dari makanan laut segar hingga makanan autentik Thailand. 

Halong Bay, Vietnam

Destinasi bulan madu yang murah di Vietnam, Anda bisa coba ke Halong Bay. Ada banyak pulau kapur atau karst menjulang dari laut yang menakjubkan. Anda bisa melakukan berlayar dengan perahu, mengunjungi gua, berenang, hingga menikmati seafood segar.

Halong Bay Vietnam juga seperti Raja Ampat, tapi versi lebih murah. Estimasi tiket pesawat ke Halong Bay, yaitu mulai Rp2.000.000 untuk pulang pergi, bahkan jika ada promo, Anda bisa dapat tiket mulai harga Rp500.000.

Tips Bulan Madu Murah

Sebelum merencanakan bulan madu, pastikan semua persiapan pernikahan selesai, termasuk memilih souvenir pernikahan murah yang tetap berkesan namun tidak menguras anggaran.

Agar bulan madu murah dan aman, perhatikan beberapa tips berikut:

  • Tentukan budget untuk bulan madu yang pas
  • Pilih destinasi yang sesuai, sekaligus pikirkan biaya akomodasi, dan lain-lain
  • Pesan tiket, penginapan menggunakan aplikasi khusus untuk mendapatkan harga terbaik atau diskon
  • Jika memungkinkan pilih destinasi yang masih dekat sehingga memungkinkan untuk membawa kendaraan pribadi agar lebih murah

Dari 10 destinasi bulan madu murah? Tempat mana yang menurut Anda menarik? Anda bisa rutin survei destinasi dan tiket agar lebih paham estimasi biaya yang perlu Anda siapkan. Lakukan perencanaan yang matang agar tidak melenceng dari anggaran ya!

Bagikan artikel: